Kapan Nabi Muhammad Lahir? Begini Sejarah Singkatnya

Rosmha Widiyani - wolipop Jumat, 27 Nov 2020 18:06 WIB
Foto: iStock/Kapan Nabi Muhammad Lahir? Begini Sejarah Singkatnya Foto: iStock/Kapan Nabi Muhammad Lahir? Begini Sejarah Singkatnya
Jakarta -

Kapan Nabi Muhammad lahir? Barangkali Bunda sahabat Hikmah detikcom pernah mendapatkan pertanyaan tersebut dari ananda. Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, redaksi mencoba menulis sejarah singkat kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Sejumlah Sirah Nabawiyah menyebutkan bahwa Nabi Muhammad lahir pada hari Senin. Dalam sebuah hadits Imam Muslim yang diriwayatkan dari Abu Qatadah al-Anshari RA juga menjawab pertanyaan tentang kapan Nabi Muhammad lahir?

Diriwayatkan dari Abu Qatadah, Rasulullah SAW pernah ditanya mengenai puasa pada hari Senin. Rasulullah SAW bersabda, "Hari tersebut (Senin) adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku."

Prof Dr Ali Muhammad Ash-Shallabi dalam buku Sejarah Lengkap Rasulullah Jilid 1 mengatakan, semua ulama sepakat tentang hari Senin sebagai hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Hanya yang belum sepakat adalah soal tanggal dan waktu kelahiran.

"Nabi Muhammad lahir pada hari Senin. Tak ada seorang pun ulama yang mengingkarinya. Para ulama berbeda pendapat dalam hal tanggal kelahirannya," tulis Prof Dr Ali Muhammad Ash-Shallabi.

Mayoritas ulama berpendapat, Nabi Muhammad SAW lahir pada waktu malam 12 Rabiul Awal. Ulama juga sepakat Nabi Muhammad SAW lahi pada Tahun Gajah atau sekitar tahun 570 Masehi. Nabi lahir di kediaman pamannya, Abu Thalib, yang terletak di celah jalan menuju bukit (syi'b) Bani Hasyim.

Kelahiran Nabi Muhammad SAW disebut Tahun Gajah karena bertepatan dengan penyerangan Mekkah, yang dilakukan Raja Abrahah dengan pasukan gajah. Selain pertanyaan kapan Nabi Muhammad lahir, Bunda sahabat Hikmah detikcom mungkin juga pernah mendapat pertanyaan dari ananda sang buah hati tentang nama kedua orang tua Rasulullah.

Orang tua Nabi Muhammad SAW adalah pasangan Abdullah dan Aminah. Namun sang ayah meninggal dunia sebelum Nabi Muhammad lahir. Disebutkan saat Abdullah wafat, Nabi Muhammad masih 2 bulan dalam kandungan Siti Aminah.

KLIK KE HALAMAN SELANJUTNYA

Selanjutnya
Halaman
1 2