10 Doa untuk Anak-anak yang Mudah Dihafalkan

Lusiana Mustinda - wolipop Selasa, 24 Nov 2020 08:15 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta -

Bunda Sahabat Hikmah detikcom, mengajarkan doa kepada anak bisa dilakukan sejak dini. Mulai dari doa sebelum tidur, doa setelah bangun tidur, doa makan dan lain sebagainya.

Doa doa tersebut cukup pendek dan mudah diingat oleh anak karena terkait aktifitas harian mereka. Bunda juga bisa mengajarkan doa-doa pendek yang mudah diingat oleh si kecil.

Doa menjadi salah satu sumber kekuatan umat Islam. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat: 186

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِى عَنِّى فَإِنِّى قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ ٱلدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا۟ لِى وَلْيُؤْمِنُوا۟ بِى لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Arab-Latin: Wa iżā sa`alaka 'ibādī 'annī fa innī qarīb, ujību da'watad-dā'i iżā da'āni falyastajībụ lī walyu`minụ bī la'allahum yarsyudụn

Artinya: "Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran."

Menghafal doa-doa sehari-hari bisa dimulai sejak usia si kecil 2 tahun. Karena di usia ini anak-anak mengalami masa transisi yang membuatnya selalu mencari tahu cara untuk berkomunikasi dengan baik.

Anak-anak juga sangat mudah meniru kedua orang tuanya. Untuk itu tidak hanya anak-anak yang belajar, akan tetapi Bunda dan Ayah juga bisa mencontohkannya setiap hari.

Salah satu cara untuk memudahkan si kecil mengingat hafalan doa bisa dengan cara dibacakan oleh kedua orangtua berulang kali.

Berikut ini doa-doa untuk anak yang bisa dibaca sehari-hari :

1. Doa sebelum tidur

بِاسْمِكَا للَّهُمَ أَحْيَا وَ ِاسْمِكَا أَمُوتُ

Bismika allahumma ahya wa bismika amut.

Artinya: "Dengan nama-Mu Ya Allah aku hidup dan dengan nama-Mu aku mati."

2. Doa setelah bangun tidur

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

Alhamdulillahi al-ladhi ahyana ba'da ma amatana wa ilaihi-nnushur.

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah mengembalikan kehidupan, mematikan kami, dan hanya kepada-Nya kami kembali."


Nah Bunda sahabat hikmah detikcom, baca 11 Doa untuk Anak dan Cara Menghafalnya DI SINI ya..

Halaman selanjutnya Doa untuk kedua orang tua

Selanjutnya
Halaman
1 2 3