Cerita Mahasiswi Viral karena Kakeknya Penulis Buku Iqra 'Belajar Al Quran'

Daniel Ngantung - wolipop Senin, 16 Nov 2020 17:44 WIB
Frideswidi Aufi, Cucu Penulis Buku Iqra Frideswidi Aufi adalah cucu dari KH As'Ad Humam, penulis buku Iqra. Sosoknya sempat viral di TikTok baru-baru ini. (Foto: Dok. pribadi)
Yogyakarta -

Frideswidi Aufi adalah cucu dari KH As'Ad Humam, penulis buku Iqra yang tersohor itu. Pada zaman sekarang ini buku Iqra wajib dimiliki oleh umat Muslim agar bisa membaca Al Quran. Iqra mengajarkan cara cepat bisa membaca Al Quran.

Perempuan kelahiran 21 tahun lalu ini sempat viral di TikTok lantaran statusnya sebagai cucu almarhum KH As'Ad Humam.

Ia mengaku, banyak orang penasaran dengan sosok pria sepuh yang selalu menghiasi halaman belakang buku Iqra. Mereka tak tahu bahwa pria itu adalah penulis buku Iqra. Padahal, namanya tertulis di sampul buku tersebut.

"Setiap ada creator yang bikin konten itu, pasti viewers dan komentarnya banyak saking ingin tahunya mereka dengan sosok Kakek Iqra. Dari situ, saya memutuskan membuat video untuk menjawab rasa penasaran mereka," cerita pemilik akun @fridesides ini.

Kontennya tersebut lantas mendapat reaksi positif dari TikTokers lainnya. Frideswidi mengatakan, mereka senang lantaran akhirnya bisa mengenal keturunan Kakek Iqra. Diungkap oleh Frideswidi, banyak di antara mereka yang mengaku semasa kecil sempat mengira kakeknya adalah Nabi Muhammad SAW.

"Mereka ingin sekali mengenal lebih jauh tentang Kakek Iqra dan minta aku menceritakan perjalanan hidup beliau," tambah perempuan yang baru lahir tiga tahun setelah kakeknya wafat.

Terlepas dari pujian untuk kakeknya, Frideswidi juga tak luput dari nyinyiran netizen. Ia kerap dibanding-bandingkan dengan sang kakek sampai akhirnya merasa insecure atau minder.

"Kok cucu Kakek Iqra main TikTok, kok cucu Kakek Iqra nggak bikin buku," kata Frideswidi menirukan cibiran dari netizen.

Komentar tersebut lantas membuat Frideswidi merasa sulit menjadi diri sendiri. Sampai akhirnya, ia meluapkan unek-uneknya lewat sebuah konten di TikTok.

Ia membuat sebuah video tentang perasaan insecure tentang kakeknya. Ia membubuhkan kalimat "let me be myself".

"Saya pengin menjadi diri saya sendiri dan ingin menebar kebaikan dengan cara saya sendiri. Meski saya cucu Kakek Iqra, tapi kemampuanku bukan menulis buku. Mungkin dengan cara saya berdakwah melalui media sosial, itu menjadi hal yang baik dan Insyallah bermanfaat bagi orang banyak," ujar Frideswidi yang mengenal sosok kakeknya dari cerita sang bunda, Erweesbe Maimanati, anak ketiga dari KH As'Ad Humam.

Tak disangka olehnya, video tersebut telah disaksikan sampai 2,5 juta kali. Jumlah pengikutnya di TikTok juga melonjak drastis dalam waktu yang singkat, dari 15 ribu menjadi 50 ribu.

Saat ini, Frideswidi sedang menempuh pendidikan manajemen di Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta. Cita-citanya adalah membangun sebuah usaha yang syariah. "Dan tentunya tetap bisa melanjutkan dakwah Kakek. Insyallah," tutupnya.

(dtg/dtg)