Wawancara Khusus Ayana Moon: Kisah Selebgram Korea Menjadi Mualaf

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 24 Mei 2020 12:20 WIB
Ayana Jihyee Moon berbagi cerita tentang perjalalannya menjadi seorang mualaf. (Foto: instagram @xolovelyayana) Ayana Jihyee Moon berbagi cerita tentang perjalalannya menjadi seorang mualaf. (Foto: instagram @xolovelyayana)

Sejak masuk Islam, kehidupan Ayana pun berubah total. "Aku menjadi bagian dari sebuah kelompok minoritas di Korea. Setelah masuk Islam, aku selalu membayangkan tentang apa yang dipikirkan orang lain tentang Islam. Aku mendengarkan komentar-komentar buruh tentang Islam, yang membuatku berpikir apakah itu cara orang memandangku sekarang. Komentar-komentar itu teryata menyakitiku," katanya.

Menjadi seorang muslim di Korea, Ayana mengutarakan punya banyak tantangan dan kesulitan. Kedua orangtuanya pun sebenarnya tidak menyetujui pilihannya.

"Mereka khawatir, aku akan kehilangan banyak hal jika menjadi seorang muslim. Memang pada akhirnya, aku harus melepaskan sejumlah hal demi memilih imanku. Namun, Islam membuatku semakin merasa damai dengan diriku sendiri. Tekadku sudah bulat," ujarnya.

Namun ambisinya untuk memahami Islam sepenuhnya tidak bisa terpenuhi di Korea. Ayana pun mulai berniat hijrah ke sebuah negara Islam. Setelah berbagai macam pertimbangan, akhirnya ia memilih untuk merantau ke Malaysia.

"Untuk melaksanakan niatku, selepas lulus SMA, aku mulai bekerja paruh waktu. Di saat aku berbicara dengan kedua orangtuaku tentang tekadnya dalam Islam. Aku katakan bahwa ingin serius mendalami Islam dan pergi meninggalkan Korea demi menemukan imanku. Orangtuaku lantas marah dan memutuskan untuk tidak mendukungku lagi secara finansial. Aku pun harus bekerja lebih keras untuk mengumpulka uang demi pergi ke Malaysia. Segala macam pekerjaan mulai dari bekerja di restoran sampai tutor, aku lakukan. Aku bertekad harus bisa bertahan dengan kekuatanku sendiri," ungkapnya lagi.

Kini Ayana sudah bisa berdiri dengan kakinya sendiri. Sejak hijrah ke Malaysia dan Indonesia, dia meraih popularitas. Ayana laris manis menjadi model iklan.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(dtg/dtg)