Masker Hijab: Rekomendasi, Keunggulan, dan Kegunaannya

Rosmha Widiyani - wolipop Minggu, 02 Feb 2020 19:04 WIB
PT KAI Daop 1 Jakarta gelar sosialisasi dan bagi-bagi masker guna mencegah virus corona di Stasiun Gambir. Pengunjung juga dapat periksa kesehatan di stasiun. Foto: Pradita Utama/Masker Hijab: Rekomendasi, Keunggulan, dan Kegunaannya
Jakarta -

Masker menjadi senjata wajib bagi masyarakat perkotaan menghadapi dampak negatif polusi udara. Belakangan, penggunaan masker makin masif untuk mencegah penularan virus corona.

Penggunaan masker, dari berbagai jenis, menjadi salah satu cara paling efektif melindungi diri dari infeksi virus. Di Indonesia, saat ini tersedia dua model masker untuk yang tidak dan menggunakan hijab.

Masker hijab sebetulnya memiliki tingkat sensitivitas yang nyaris sama dengan model tanpa hijab. Namun masker hijab terasa lebih nyaman karena tidak disangkutkan di telinga. Hasilnya telinga tidak terasa sakit meski masker digunakan dalam waktu cukup lama.

Berikut rekomendasi masker hijab yang bisa melindung diri dari polusi, infeksi virus dan bakteri, serta penularan berbagai jenis penyakit dikutip dari berbagai sumber

1. Masker hijab sekali pakai

Masker ini terbuat dari bahan mirip kertas yang sangat mudah ditemukan di berbagai apotik dan toserba. Masker hijab sekali pakai tersedia dalam berbagai merk, motif, atau yang polos

Sesuai namanya, masker ini sebaiknya hanya digunakan satu kali dan langsung dibuang meski bentuknya masih baik. Harga masker hijab 1 box di apotik bisa diperoleh mulai harga sekitar Rp 20 ribu. Satu box biasanya berisi 50 pcs, sehingga harga masker hijab di apotik per satuan bisa lebih lebih murah. Selain membeli di apotik, masker hijab juga tersedia di berbagai aplikasi toko online

2. Masker kain hijab

Masker kain hijab biasanya terbuat dari bahan katun oxford dan terasa nyaman dipakai tiap hari. Masker tersedia dengan berbagai desain misal yang memiliki empat tali, dua tali dengan satu tali karet, atau tali yang bersilangan

Produk masker kain hijab biasanya menjadi pilihan karena tidak terasa pengap dan cukup terjangkau. Keunggulan lain adalah bisa dicuci sehingga dapat digunakan beberapa kali, ekonomis, dan kualitasnya tidak turun

3. Masker kain polos dan motif

Masker kain ini bisa digunakan untuk yang memakai hijab atau tidak dalam keseharian. Keunggulan ini ditandai adanya sangkutan untuk telinga meski bisa juga langsung dipakai melingkari kepala (headloop).

Produk masker ini terbuat dari kain katun atau turunannya yang nyaman digunakan sehari-hari. Tentunya masker tersedia dengan harga terjangkau dan bisa dicuci.

4. Masker buff bandana

Jenis masker ini biasanya digunakan pengendara motor karena menutup lebih rapat. Penggunaan masker melewati telinga sehingga berisiko kurang nyaman bila digunakan terlalu lama.

Namun jenis ini bisa tetap digunakan sebagai masker hijab jika memang berkenan. Masker buff terbuat dari bahan yang lentur, kuat, dan bisa melindungi dengan lebih baik.

5. Masker Kain Bahan Oxford

Masker kain yang terbuat dari bahan oxford terasa nyaman dipakai bagi yang berhijab atau tidak. Produk masker dilengkapi tali panjang sehingga bisa digunakan laki-laki dan perempuan.

Seperti bahan masker kain yang lain, produk ini bisa digunakan beberapa kali usai dicuci. Masker bisa diperoleh di apotik, toserba, dan online dengan harga terjangkau.



Simak Video "Sejumlah Merek Fashion Dunia Ikut Produksi Masker untuk Lawan Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)