Sisi Lain Cadar

Tren Cadar di Indonesia, Kini Muslimah Tak Hanya Pakai Serba Hitam

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 11 Nov 2019 11:43 WIB
Foto: instagram @diananurliana Foto: instagram @diananurliana

Jakarta - Muslimah yang memakai niqab atau cadar semakin banyak di Indonesia. Cadar yang dipakai mereka pun tak hanya hadir dalam warna serba hitam.

Desainer yang khusus menjual busana cadar Diana Nurliana menjelaskan kenapa cadar banyak yang berwarna hitam. Menurutnya warna tersebut sudah tertulis dalam hadist nabi.

Namun kini seiring perkembangannya dan semakin banyaknya muslimah memakai cadar, warna-warna selain hitam pun hadir. Diana termasuk salah satu desainer yang menghadirkan warna selain hitam pada koleksi cadarnya. Dia merilis cadar dalam warna-warna pastel.

Tren Cadar di Indonesia, Kini Muslimah Tak Hanya Pakai Serba HitamFoto: instagram @diananurliana


"Orang sekarang sering mencari alternatif niqab yang bisa mereka pakai untuk occasion tertentu. Kalau dulu kan nutup aja. Sekarang mikirnya kalau mau ke nikahan bagaimana, mau buat acara lainnya. Dan permintaan warna untuk di Indonesia sudah lumayan beragam," ujar pemilik label Taqiya itu saat berbincang dengan Wolipop baru-baru ini.

Kehadiran cadar yang berwarna ini menurut Diana juga membantu muslimah yang baru mencoba mengenakan cadar. Mereka jadi lebih berani tampil di depan umum tanpa takut mendapat stigma negatif karena berbusana serba hitam.

"Desainer-desainer berniqab akhirnya juga memikirkan bagaimana sih niqab yang nyaman dipakai sesuai dengan syariat tetapi juga bisa blend-in dengan lingkungan. Kadang juga ada yang belum berani tampil terlalu mencolok akhirnya ngebelend warna dan modelnya," tutur Diana.

Tren Cadar di Indonesia, Kini Muslimah Tak Hanya Pakai Serba HitamTren Niqab. Foto: Dok. Instagram @taqiya_id
Diana sendiri mulai merilis koleksi cadar atau niqab setelah dia menjadi penggunanya. Wanita 34 tahun itu memakai niqab sejak 2014. Namun dia baru benar-benar serius merilis koleksi cadar melalui label Taqiya pada 2017.

Diana tak menyangka saat meluncurkan koleksi busana cadar, produk tersebut laris-manis diserbu pembeli. "Aku juga kaget banget, ternyata responnya luar biasa. Sampai kewalahan dan sempat merasa nggak enak juga karena sistemnya belum siap. Sempat beberapa bulan orderan sampai bikin hectic dan kewalahan," katanya.

Menurut Diana, bisnis busana cadar ini tak akan lesu, malah cenderung meningkat pembelinya. "Customer yang lama masih sama kita. Ditambah lagi customer baru. Kalau dari tahun kemarin naik sekitar 20%," ungkap wanita yang juga memiliki butik di FX Sudirman itu.

Tren Cadar di Indonesia, Kini Muslimah Tak Hanya Pakai Serba HitamTren Niqab. Foto: Dok. Instagram @taqiya_id


Simak Video "Desainer Ini Buktikan Aksi Teror Tak Pengaruhi Penjualan Cadar"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)