Model Berhijab Akan Eksis di Rusia untuk Pertamakalinya

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 06 Sep 2019 14:27 WIB
Foto: Dok. Instagram @_gloriajeans_ Foto: Dok. Instagram @_gloriajeans_

Jakarta - Pertamakalinya di Rusia, sebuah merek fashion ternama menggunakan model hijab dalam iklan mereka. Langkah ini dilakukan retail fashion terkenal Rusia, Gloria Jeans,

Gloria Jeans yang tercatat sebagai salah satu dari 200 perusahaan swasta paling sukses di Rusia menampilkan model yang mengenakan hijab di salah satu iklan mereka. Model berhijab itu tampil dalam kampanye mereka bertajuk Just be yourself.

"Kami selalu senang melihat kamu terlepas dari berapa usia, jenis kelamin, warna kulit, agama atau bagaimana kamu memandang dunia," tulis Gloria Jeans dalam akun Instagram mereka yang menampilkan foto model berhijab. Gloria Jeans merupakan retailer yang memiliki lebih dari 600 toko di Rusia.

Model Berhijab Akan Eksis di Rusia untuk PertamakalinyaPertamakalinya di Rusia, sebuah merek fashion ternama menggunakan model hijab dalam iklan merekFoto: instagram @_gloriajeans_

Penampilan model berhijab untuk pertamakalinya di sebuah iklan fashion terkenal di Rusia ini dianggap sebuah langkah besar di negeri tersebut. Hijab bukan sesuatu yang umum di Rusia. Malah pada 2017, sebuah sekolah desa di Republik Mordovia di mana mayoritas penduduknya muslim melarang para siswa dan gurunya untuk mengenakan hijab. Pelarangan ini pun menuai pro dan kontra di Rusia.

Pendiri dari Gloria Jeans, Vladimir Melnikov mengatakan kepada situs berita RBC bahwa melalui iklan tersebut perusahaannya ingin menyatakan bahwa mereka membuat pakaian untuk semua orang. Baik itu orang yang berhijab ataupun masyarakat pada umumnya di Rusia. Di Rusia sendiri, ada 14% warga yang beragama Islam dari total keseluruhan populasi.

Sebelum merilis kampanye yang menampilkan model berhijab, Gloria Jeans sudah sukses di Rusia. Pendapatan retailer tersebut naik lebih dari empat kali lipat dalam lima tahun terakhir, dengan total 40,8 miliar Rubel atau sekitar Rp 8,7 Miliar pada tahun lalu.

[Gambas:Instagram]



Simak Video "Pesona Bocah Rusia yang Disebut Paling Cantik Sedunia"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)