Viral H&M RIlis Baju untuk Sahur, Ini Faktanya

Silmia Putri - wolipop Sabtu, 18 Mei 2019 11:11 WIB
Foto: Dok. H&M Foto: Dok. H&M

Jakarta - Baru-baru ini media sosial diramaikan dengan foto busana untuk sahur yang diklaim merupakan produk retail H&M. Foto yang tersebar memuat seorang model Timur Tengah memakai dress bernuansa putih biru dengan judul Suhoor Outfits.

Foto yang merupakan screenshot dari e-commerce itu menyebar di Twitter dan Instagram. Banyak netizen yang menertawakan koleksi busana bertema 'sahur' tersebut, karena faktanya tidak ada orang yang berdandan maksimal saat sahur.

Viral H&M RIlis Baju untuk Sahur, Ini FaktanyaFoto: Dok. H&M

"Tidak akan ada orang yang punya waktu untuk berdandan, kalau aku pakai dress itu, waktu sahur keburu habis," tulis akun Twitter bernama Hawa Muhina.

Namun, sebuah situs berita Stepfeed mengungkap bahwa foto busana tersebut bukanlah dari H&M. Screenshoot foto berjudul Suhoor Outfit itu berasal dari e-commerce Timur Tengah bernama Namshi.

Adapun brand yang mengeluarkan dress yang dipakai sang model adalah dari merek Anotah asal Kuwait. Jika sebelumnya netizen berpikir H&M kurang teredukasi soal tentang kebiasaan umat muslim saat Ramadan sehingga membuat koleksi busana saur, justru faktanya busana bertema sahur itu berasal dari Timur Tengah.

Dalam kolom komentar di Twitter, ada beberapa muslim dari Dubai yang mengungkap bahwa 'dress up' untuk sahur di Dubai adalah sesuatu yang normal. Terkadang, mereka juga makan di luar rumah untuk sahur
Viral H&M RIlis Baju untuk Sahur, Ini FaktanyaFoto: Dok. H&M

"Di Dubai, kami memang 'dress up' dan keluar rumah untuk makan sahur." tulis akun bernama @romaelaM.

Kejadian ini mengingatkan kita pada video make up tutorial untuk sahur yang viral tahun lalu. Video tersebut dibuat oleh brand kecantikan ternama MAC. Sama seperti kasus Suhoor Outfits, video tersebut menuai kritik hingga MAC menghapusnya dari Youtube. (sil/asf)