Gabungkan Bela Diri & Jaipong, Hijabers Ini Pukau Juri Sunsilk Hijab Hunt

Hestianingsih - wolipop Sabtu, 06 Apr 2019 16:40 WIB
Foto: Foto: Hestianingsih/Wolipop Foto: Foto: Hestianingsih/Wolipop

Bandung - Sisi tangguh wanita tidak harus selalu ditonjolkan dengan sesuatu yang keras, beringas ataupun galak. Lewat keanggunan dan gerakan gemulai, kekuatan wanita pun bisa tergambar, yakni dengan tarian.

Seperti yang ditampilkan Alifia Titan Khalila, salah satu peserta audisi Sunsilk Hijab Hunt 2019 di Bandung. Remaja 15 tahun ini membawakan tarian asal Jawa Barat, Kawung Anten, yang sukses memukau juri.



Tarian memadukan gerakan jaipong dan silat, dengan properti senjata tajam yang disebut duhung. Gerakan menari sambil menghunuskan senjata lah yang membuat juri kagum.

Gabungkan Bela Diri & Jaipong, Hijabers Ini Pukau Juri Sunsilk Hijab HuntFoto: Foto: Hestianingsih/Wolipop


"Keren banget ih. Sampai ngeri itu lihat goloknya," ujar Devi Handayani, Juara 3 Sunsilk Hijab Hunt 2015 yang juga jadi salah satu juri.

Titan menjelaskan bahwa tarian yang dibawakannya dinamakan Kawung Anten. Menceritakan seorang putri kerajaan dari Sumedang yang ditugaskan menjaga pohon Han Juang. Ia pun menggunakan senjata untuk melawan musuh yang ingin melukai dirinya.

"Makanya bawa senjata dan ada gerakan rolling-nya. Awalnya susah menari pakai senjata tapi karena latihan terus jadi terbiasa," kata Titan yang sudah belajar menari sejak kelas 2 SD, saat diwawancara Wolipop di area audisi, Ballroom Masjid Trans Studio Mall, Bandung, Sabtu (6/3/2019).

Selain menari, Titan juga sempat mempelajari seni bela diri silat. Hal itulah yang makin memudahkan dirinya melakukan tarian Kawung Anten.

Titan juga menceritakan pengalamannya yang menjadi penari dengan berhijab. Awalnya banyak orang meragukan hobinya tersebut, karena ia mengenakan jilbab.

"Ada kontes ini jadi kesempatan bagus buat aku nunjukin ke orang kalau hijab nggak menghalangi bakat. Menari masih bisa pakai kerudung kok. Ada juga orang tanya, nari kok pakai hijab sih? Padahal yang penting aku pilih gerakan yang nggak seksi. Seperti yang ini kan ada sisi tarung nya," jelas siswi SMA 3 Bandung ini.



Awalnya, Titan sempat bimbang meneruskan hobi menarinya karena ingin istiqomah berhijab. Namun motivasi dari sang bunda mendorongnya jadi berani mengejar mimpi. Seperti tema Sunsilk Hijab Hunt 2019 kali ini, #HIJABERANI.

"Dulu bimbang terusin nari pakai hijab. Tapi kata mama hijab nggak melarang untuk nunjukin kreativitas kamu," ucap Titan, yang belum lama ini menjadi juara pertama lomba menari tingkat Jawa Barat.
(hst/kik)
CNN ID
×
Layar Demokrasi
Layar Demokrasi Selengkapnya