Ibu Kota Nigeria Resmi Izinkan Siswi Pakai Hijab di Sekolah

Silmia Putri - wolipop Rabu, 14 Nov 2018 17:40 WIB
Ibukota Nigeria izinkan siswi pakai hijab di sekolah. Foto: Istock Ibukota Nigeria izinkan siswi pakai hijab di sekolah. Foto: Istock

Jakarta - Tak seperti Indonesia, beberapa negara di dunia melarang pemakaian hijab di sekolah. Salah satu alasannya karena siswa-siswi SD-SMA dianggap masih sangat kecil untuk memakai pakaian tertutup.

Baru-baru ini, Pemerintah Kota Lagos, ibukota Nigeria mengumumkan peraturan perizinan hijab di sekolah. Keputusan ini berdasarkan musyawarah panel yang dilakukan pemerintah.



Sebelumnya, kebanyakan sekolah di Nigeria melarang siswi berhijab untuk masuk kelas. Tindak kekerasan dan rasisme sering dialami oleh muslimah berhijab di sekolah.

The Muslim Students' Society of Nigeria (MSSN) menjadi pihak yang mengajukan perizinan tersebut kepada pemerintah. Pada tanggal 13 November, pengajuan tersebut dikabulkan dan ditandatangani oleh O.A. Olukoya.


Hijab yang diizinkan harus rapi, tak boleh terlalu panjang, dan menggunakan warna yang senada dengan seragam sekolah. Mereka merangkum penampilan tersebut dengan nama 'smart hijab'.

Di dalam pernyataan tersebut tertuli, "No student should be discriminated against, in any form, on the basis of religion." Pemerintah mengimbau kepada seluruh sekolah untuk disipilin dalam toleransi ini.

Menurut Amir, perwakilan dari MSSN, perizinan pemakaian hijab oleh Pemerintah menurutnya akan membawa kedamaian dan stabilitas pada sistem pendidikan di Nigeria. Ia sangat bangga dengan keputusan pemerintah tersebut.
(sil/sil)