Selain Skotlandia & Kanada, Turki Resmikan Hijab Bagian dari Seragam Polisi

Arina Yulistara - wolipop Selasa, 30 Agu 2016 12:34 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Hijab masih terus menjadi kontroversi di dunia. Baru-baru ini, Prancis pun meresmikan larangan penggunaan burkini atau pakaian renang yang menutup kepala sampai kaki di pantai-pantai sekitar Cannes. Hal tersebut menimbulkan gejolak yang luar biasa dari masyarakat dunia khususnya muslim. Meski demikian, ada kabar gembira untuk para wanita berhijab karena kini kepolisian di berbagai negara sudah mulai terbuka dengan hijab.

Di Inggris, kepolisian Skotlandia serta Metropolitan telah meresmikan hijab menjadi bagian dari seragam polisi. Jadi polisi wanita (polwan) diizinkan mengenakan jilbab ketika sedang bertugas di lapangan. Tidak hanya Inggris, kepolisian Kanada juga baru mengumumkan bahwa hijab kini menjadi bagian dari seragam polisi mereka.

Kini Turki juga memberlakukan hal serupa. Dilansir dari Independent, polwan di Turki bisa menutup kepala mereka dengan jilbab di bawah topi. Ini merupakan pertamakalinya kepolisian Turki mengizinkan polwan mengenakan jilbab saat bertugas.

Untuk penerapan jilbabnya ditekankan bahwa polwan Turki harus memakai kerudung dengan warna yang sama seperti seragam dan tanpa motif. Pimpinan dari Partai Justice and Development Party (AKP), Recep Tayyip Erdogan, mendorong peraturan pembatasan untuk wanita berhijab agar lebih santai. Turki harus bergerak mengikuti perubahan.

Pada 2010, larangan resmi untuk wanita berhijab di perguruan tinggi sempat memicu kontroversi. Empat tahun kemudian larangan tersebut dicabut dan wanita juga diizinkan menggunakan jilbab ketika bekerja di lembaga kenegaraan.

Setelah kini melihat pemberitaan mengenai negara-negara barat yang mulai santai dalam pemakaian jilbab, Turki mulai mempertimbangkannya. Terbukti kini Turki telah mengumumkan bahwa kini polwan sudah diperbolehkan memakai jilbab selama bertugas. Hal tersebut dilakukan untuk mendorong wanita muslim bisa bekerja sebagai polisi.


(ays/ays)