Intimate Interview

17 Tahun Berlalu, Nia AFI Kini Berhijab, Ini Kisah Hijrahnya

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 14 Nov 2021 20:00 WIB
Foto Nia AFI yang kini mantap pakai hijab. Foto: Dok. pribadi Nia AFI. Foto Nia AFI yang kini mantap pakai hijab. Foto: Dok. pribadi Nia AFI.

Nia membuat heboh para penggemarnya, usai mengunggah foto selfie di akun Instagram pribadinya. Ia tampil mengenakan hijab dan langsung banjir pujian dari warganet.

"Jadi berhijab itu baru saja belum ada seminggu. Ceritanya itu pada saat anakku mulai sekolah di Al-Azhar, anakku kelas 1 dan 2 SD. Suka protes kalau melihat bundanya itu keluar rumah nggak berhijab," ungkap Nia sambil tertawa.

Hati nia tergerak sang buah hati berkali-kali mengingatkannya agar dirinya berhijab. Dan dia mendapatkan dukungan dari keluarga untuk memakai hijab. Nia mengucapkan jika Adit tidak pernah memaksa dirinya untuk mengenakan hijab.

"Dia tergantung dari akunya, benar-benar dia suami yang mengikuti kemauan istrinya. Aku ini kan keras kepala ya orangnya. Kalau kepengen sesuatu, kalau mau melakukan sesuatu itu nggak bisa dipaksa harus dari aku sendiri," kata Nia.

Nia Kartika Putri (NIA AFI) yang kini sudah mantap berhijabNia Kartika Putri (NIA AFI) yang kini sudah mantap berhijab Foto: Dok. pribadi Nia AFI.

Nia mengenakan hijab pertamakali sehari setelah ulang tahun Adit yaitu 7 November 2021. Sang suami sempat bingung melihat penampilannya.

"Dia sempat bertanya apakah ada acara di sekolah anaknya? Ya sudah dia cuman senyum. Dia pasti lega hatinya karena nggak perlu memaksakan hatinya. Kalau pamit dia selalu senyum bahagia," saut Nia.

Sudah mantap berhijab, Nia tampil di depan publik dengan penampilan barunya saat menghadiri suatu acara produk kecantikan. Saat itu semua rekannya merasa heran dan mempertanyakan keseriusannya.

"Pas pada melihat aku berhijab pada nanya, seriusan Nia? Semuanya pada heran," sautnya.

Teman-teman Nia yang rata-rata sudah berhijab, langsung menangis terharu melihat perubahannya. Dia juga mendapatkan dukungan dari pengikutnya di media sosial.

"Ternyata ada banyak kiriman paket, ada yang ngirimin hijab, baju panjang, berbagai macam hijab. Dari teman-teman dan DM dari orang nggak kenal dari penggemar di Instagram dan ingin mengirimkan baju lengan panjang untuk aku. Dia bilang ini adalah bentuk dukungan dari sesama muslimah," ujar haru Nia.

Nia Kartika Putri (NIA AFI) yang kini sudah mantap berhijabNia Kartika Putri (NIA AFI) yang kini sudah mantap berhijab Foto: Dok. pribadi Nia AFI.

Perbedaan Nia Sebelum dan Sesudah Pakai Hijab

Nia melanjutkan kisah perjalanan hijrahnya kepada Wolipop. Ia mengungkapkan perbedaan sebelum dan sesudah berhijab.

"Kalau sudah berhijab, aku pas keluar rumah lebih merasa lebih aman, orang juga nggak terlalu ngeliatin. Biasanya pakai masker, pakai baju ketat lengan pendek dan celana panjang," jelasnya.

Semenjak berhijab, Nia malah merasa lebih nyaman ketika kegiatan di luar rumah. Ia lebih menjaga sikap dan bertanggung jawab untuk menjadi yang lebih baik lagi.

"Kalau dulu salatnya sering bolong-bolong, kini aku sudah berhijab dan ingin menyempurnakan ibadah," ucapnya.

Awal berhijab, Nia merasa gerah dan juga belum terbiasa. "Apalagi aku lagi rajin-rajinnya nge-gym dan biasanya keringetan, sumuk kalau orang Jawa bilang," katanya..

"Memang kita harus bisa melewati itu kan proses awalnya yang membuat kita akan menjadi terbiasa," tambahnya.

Selain itu, sama seperti wanita muslim yang baru belajar berhijab, Nia juga belum terbiasa memakai peniti dan jarum pentul. Dia lebih memilih memakai hijab instant.

"Sekarang aku masih belajar memakai peniti, jarum pentul. Awalnya aku sering pakai hijab instan. Teman-teman aku yang memberikan tutorial hijabnya," ucapnya sambil tertawa.

Nia Kartika Putri (NIA AFI) yang kini sudah mantap berhijabNia Kartika Putri (NIA AFI) yang kini sudah mantap berhijab Foto: Dok. pribadi Nia AFI.

Nia merasa semakin mantap memakai hijab karena sebagai pemimpin di dalam bisnis kecantikan dia ingin memberikan contoh yang baik bagi pengikutnya. Gaya hijab yang saat ini menjadi andalannya adalah hijab instan.

"Aku masih belajar untuk model segi empat karena belum bisa rapi. Depannya suka lemas. Aku belum paham tentang bahan hijab," ucap Nia dengan ramah.

Nia AFI yang kini mantap berhijab mengatakan baginya keputusan untuk hijrah harus datang dari diri sendiri. Menurutnya memakai hijab atau tidak, janganlah karena terpaksa.

"Jadi sebenarnya memang berhijab tidak bisa dipaksain kalau memang bukan dari diri sendiri. Jangan ikut-ikutan yang penting hatinya bersih dulu, nggak mempunyai perasaan negatif kepada orang lain, berusaha melakukan hal yang baik, lama-kelamaan akan mengikuti. Setiap hari aku memperdalam ilmu agamanya baru nanti yang lainnya akan mengikuti termasuk kesiapan untuk berhijab," pungkas Nia.

Nia Kartika Putri (NIA AFI) yang kini sudah mantap berhijabNia Kartika Putri (NIA AFI) yang kini sudah mantap berhijab Foto: Dok. pribadi Nia AFI.
Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(gaf/eny)