Kisah Inspiratif Wanita Bandung, Dulu Cuma Pelayan Kini Punya 6 Toko Tas

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 22 Okt 2021 09:39 WIB
Pemilik brand Merche, Tari Puji Lestari. Foto: Dok. Tari Puji Lestari. Pemilik brand Merche, Tari Puji Lestari. Foto: Dok. Tari Puji Lestari.

Cara Mengembangkan Bisnis

Tari menggunakan teknik pemasaran secara offline untuk menarik minat pembeli. Dia mempromosikan Merche dengan mengikuti acara pameran atau bazar di berbagai mall di Bandung.

"Karena berawal dari offline, bisnis berkembang berdasarkan trust customer. Customer akan #merchebebe (panggilan pelanggan Merché) bisa memegang barang langsung, membandingkan, sampai akhirnya membeli produk dan mengajak teman dan kerabat mereka membeli juga. Jadi real testimoni dan dari mulut ke mulut)" tutur Tari dengan ramah.

Hingga akhirnya ketika modalnya berputar, Tari bisa membuka gerai pertama Merché di Jakarta, tepatnya di pusat perbelanjaan Thamrin City, Jakarta Pusat.

Untuk pengembangan bisnis, Tari mengandalkan media sosial secara organik dengan budget promosi secukupnya. Dia juga menggaet influencer fashion dan hijab.

Menurut Tari, Merché mulai melejit dan dikenal di Indonesia pada 2019. Karena ia konsisten memproduksi tas dengan harga yang terjangkau dengan warna pastel dan earth tone.

Ketika pandemi, bisnis Tari pun terdampak. Penjualan secara online merosot tajam. Dan akhirnya fokus untuk penjualan secara offline.

Foto Tari Puji Lestari, wanita berhijab yang sukses mendirikan brand Merche.Foto Tari Puji Lestari, wanita berhijab yang sukses mendirikan brand Merche. Foto: Dok. Tari Puji Lestari

Merché Kolaborasi dengan Warner Bros

Merché baru-baru ini berkolaborasi dan memperoleh izin lisensi dari Warner Bros untuk membuat koleksi dengan karakter di Warner Bros. Selain itu, Merché juga bekerja sama dengan Yayasan Kanker Payudara Indonesia.

"Bulan ini (Oktober) adalah bulan kolaborasinya Merché, dimana kita menggandeng Yayasan kanker payudara Indonesia (YKPI) sebagai wadah merche untuk mendukung perempuan-perempuan cancer surviver di luar sana," kata Tari.

Tari mengeluarkan produk bertajuk 'This Love Series' sebagai bentuk empowering dari Merché. Hasil penjualan produk tersebut akan didonasikan kepada YKPI untuk mendukung program penyuluhan dan penanggulangan kanker payudara di Indonesia.

Di akhir wawancara, bagi kamu yang ingin memulai bisnis online di tengah pandemi, Tari memberikan tipsnya. "Just do it and learn for mistakes. Planning itu penting terutama dalam mengatur cashflow serta team yang efektif," imbuhnya.

Foto Tari Puji Lestari, wanita berhijab yang sukses mendirikan brand Merche.Foto Tim Merche. Foto: Dok. Tari Puji Lestari.
Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(gaf/eny)