Kenal Lebih Dekat Ahlam Mohammed, Influencer Olahraga yang Memakai Niqab

Gresnia Arela Febriani - wolipop Kamis, 21 Okt 2021 11:01 WIB
Ahlam Mohammed, seorang influencer kebugaran wanita Muslim. Foto Ahlam Mohhamed yang menginspirasi muslimah. Foto: Dok. Instagram @bint3rabia.
Yordania -

Wanita berniqab ini membuktikan jika busananya tersebut tak menghalanginya untuk aktif dalam dunia kebugaran jasmani. Dia bisa melakukan sesuatu sesuai dengan minatnya dalam dunia olahraga dengan berniqab.

Ialah Ahlam Mohammad, influencer kebugaran atau olahraga berniqab yang memiliki lebih dari 49 ribu pengikut di Instagram. Kepribadiannya menjadi sorotan publik karena mengenakan hijab niqab untuk menutupi dirinya kecuali matanya selama latihan olahraga.

Wanita yang lahir di Yordania dan dibesarkan di Texas itu mengatakan kepada The National bahwa dia mencoba untuk mewakili citra positif bagi pemuda dan wanita Muslim di luar sana yang benar-benar berjuang untuk menemukan jalan mereka atau berpegang pada nilai kesopanan.

Ahlam Mohammed, seorang influencer kebugaran wanita Muslim.Ahlam Mohammed, seorang influencer kebugaran wanita Muslim. Foto: Dok. Instagram @bint3rabia

Ia menganggap jika budaya dengan standar Barat umumnya diterapkan dalam dunia olahraga. Seperti yang disebutkan olehnya di unggahan Instagramnya, dia menyukai olahraga taekwondo, hapkido dan bermain basket. Dan dia melihat masa depannya sebagai seorang atlet meski memakai niqab.

Wanita 24 tahun itu mulai mengenakan hijab usai duduk di bangku sekolah menengah atas. Setelah momen itu Ahlam Mohhamad memutuskan untuk tidak melanjutkan dunia olahraga.

Namun seiring berjalannya waktu, Ahlam malah merasa tidak tenang karena merasa tubuhnya semakin lemah dan kurang aktif. Saat itulah dia menyadari bahwa dia bisa melakukan latihan untuk tubuhnya dan mengenakan niqab dan hijab.

Ahlam Mohammed, seorang influencer kebugaran wanita Muslim.Ahlam Mohammed, seorang influencer kebugaran wanita Muslim. Foto: Dok. Instagram @bint3rabia .

Ahlam Kembali ke Dunia Olahraga

Agar tetap nyaman berolahraga dan menjadi dirinya sendiri dengan berniqab, Ahlam berinisiatif membuat usaha baju olahraga online, Pure Modest. Dia juga membuat aplikasi kebugaran.

Lini pakaian barunya itu bertujuan untuk menyediakan pakaian olahraga sederhana untuk wanita berniqab. Dengan busana niqabnya tersebut, wanita muslimah diklaim bisa tetap nyaman untuk bernapas dan ringan selama olahraga.

Selain itu aplikasi barunya dirancang khusus untuk memotivasi orang untuk tetap bugar dan sehat melalui rutinitas latihan, bagi yang ingin menurunkan berat badan dan banyak lagi.

Ahlam Mohammed, seorang influencer kebugaran wanita Muslim.Ahlam Mohammed, seorang influencer kebugaran wanita Muslim. Foto: Dok. Instagram @bint3rabia

Ahlam menyadari bahwa dia ingin terus mengejar apa yang dia sukai, yaitu dunia kebugaran. Dan olahraga menurutnya tidak menghalanginya untuk tetap menjalankan perintah sesuai dengan imannya.

Ia ingin mendorong wanita Muslim lainnya untuk melakukan hal yang sama. Seperti dilansir The National, Ahlam melihat ada peluang dalam representasi bagi wanita atletik yang mengenakan niqab dan hijab.

Ahlam Mohammad berharap wanita Muslim lainnya yang sedang menghadapi kesulitan seperti yang dia dulu bisa berpikir jika semua wanita muslimah bisa berolahraga dengan menggunakan niqab dan hijab.

(gaf/eny)