Liputan Khusus Hijabers Peraih Medali

Mengenal Nafa Amadea Atlet Selam Berhijab Raih Medali Emas PON Papua 2021

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 16 Okt 2021 11:13 WIB
Foto Nafa saat mengikuti PON PAPUA 2021. Foto: dok. pribadi selam Nafa amadea. Foto Nafa saat mengikuti PON PAPUA 2021. Foto: dok. pribadi selam Nafa amadea.


Anak tunggal ini mengungkapkan jika ia sempat ingin berhenti dan tak ingin mengikuti pertandingan serta latihan menyelam. Pada saat itu yang ada di pikirannya adalah fokus kuliah dan tak lagi menjadi atlet.

"Tahun 2019 saya sudah ingin memutuskan berhenti dan fokus pada pendidikan saya di perkuliahan. Karena merasa saya tidak bisa maju lagi. Terlebih terdengar bahwa cabor selam tidak di pertandingkan," kenangnya.

Namun pada akhirnya, Nafa tidak menyerah. Dia tetap melanjutkan latihan demi melanjutkan passionnya dalam dunia olahraga selam.

"Ternyata Alhamdulillah bisa di titik ini. Ada juga ketika saya izin untuk mengikuti training center. Banyak dosen saya bertanya kembali apa benar saya atlet atau bukan. Karena saya berkerudung tetapi olahraga saya selam. Terlebih di kampus saya lebih tidak menonjol," jelasnya.

atlet selam Nafa amadeaatlet selam Nafa amadea Foto: dok. pribadi selam Nafa amadea

Dengan segala perjuangannya, wanita yang berasal dari Batu, Malang ini merasa terharu dan bahagia ketika terpilih untuk mengikuti PON PAPUA 2021. Apalagi ini adalah PON pertamanya.

"Saya sangat senang dan lega. Ini adalah PON pertama saya. Setelah menunggu dan berlatih terlebih sempat mundur akibat pandemi, akhirnya bisa menampilkan yang terbaik," ungkap Nafa.

Berhasil memboyong medali emas, Nafa tak tahan untuk menangis. Dia terharu karena bisa mengatasi titik terlemahnya dulu saat ingin berhenti menjadi atlet dan kini meraih medali.

"Ketika finish 200 bifin mendapatkan medali ini saya menangis. Menangis karena lega bahwa saya tidak menyerah dan menangani kecemasan hal lain. Dan terbayang wajah orangtua saya di rumah mendoakan saya tiada henti," kata Nafa.

"Setelah ini tugas terberat adalah mempertahankan. Banyak yang bilang bahwa saya juga harus rendah hati tidak boleh sombong. Karena roda kehidupan berputar, banyak yang ingin menaiki podium juara," ujarnya lagi.

atlet selam Nafa amadeaatlet selam Nafa amadea Foto: dok. pribadi selam Nafa amadea

Bagi kamu yang ingin menjadi atlet selam, Nafa berbagi tipsnya. Pertama adalah jangan mendengarkan nyinyiran orang lain terutama karena atlet selam memakai pakaian yang melekat di tubuh.

"Untuk ini, atlet selam pasti identik dengan baju renang yang melekat pada kita. Tapi tidak bisa di pungkiri bahwa aku Muslim. Tidak usah mendengar apa kata orang tentang penampilan kita. Jalani tanggungjawab mu sebagai Muslim. Dan jalani tugasmu sebagai atlet. Semua niat hanya Allah yang dapat menilai," pungkasnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(gaf/eny)