Kisah Inspiratif Hijabers Jadi Penyelam Wanita Pertama di Arab Saudi

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 04 Agu 2020 19:30 WIB
Nouf Alosimi Foto Nouf Alosimi. Foto: Instagram @redseacitizen.
Arab Saudi -

Hijabers bernama Nouf Alosimi ini adalah pendiri dari Pink Bubble Divers, sebuah komunitas yang bertujuan memberdayakan wanita Arab Saudi belajar menyelam. Nouf pun menjadi wanita pertama yang berprofesi sebagai penyelam teknis di Arab Saudi.

Wanita Saudi berusia 29 tahun ini juga merupakan seorang PADI Master Scuba Diver Trainer dann pelopor di bidangnya. Dilansir dari Alarabiya, Alosimi memegang rekor penyelaman terdalam di 345 kaki (105 meter). Penyelaman teknis tersebut membutuhkan lima tangki dan berlangsung lebih dari 70 menit.

"Langkah pertama ketika belajar scuba diving adalah untuk melawan ketakutan kamu. Ini sangat normal, kita semua pasti pernah merasakannya. Tapi, setelah kamu turun, secara bertahap ketakutan tersebut akan menghilang karena kamu akan merasa takjub dengan keindahan bawah laut yang sangat cantik," ujar Nouf berbagi tips untuk para penyelam baru, seperti dikutip Vogue Arabia.

Nouf AlosimiFoto Nouf Alosimi. Foto: Instagram @redseacitizen.

Demi bisa menjalani profesinya sebagai penyelam, setiap harinya Nouf harus menempuh satu jam perjalanan dengan bus dari rumahnya di Jeddah ke tempat kerjanya di King Abdullah Economic City. Sehari-harinya, dia bekerja di Bay La Sun Marina dan Yacht Club. Kawasan tersebut akan mulai dibuka untuk wisatawan akhir tahun ini dan diharapkan dapat menghidupkan kembali sektor pariwisata Arab Saudi.

Selama beberapa dekade, wisatawan datang ke Arab Saudi untuk umrah atau naik haji ke Mekah dan Madinah. Ada juga pelancong bisnis menuju ibukota, Riyadh, atau kota besar lainnya seperti Jeddah dan Dammam.

Kini Putera Mahkota Mohammed bin Salman mencoba untuk mengubah Arab Saudi dengan memperkenalkan wisata lainnya bagi mereka yang memiliki visa turis. Pariwisata sedang dipromosikan sebagai cara untuk menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan, menarik investasi asing, meningkatkan ekonomi dan lebih meningkatkan citra negara di luar negeri.

Nouf AlosimiFoto Nouf Alosimi. Foto: Instagram @redseacitizen.

Salah satu dampak perubahan kebijakan Arab Saudi ini dirasakan Nouf Alosimi. Menurut Nouf kini penjaga pantai di Arab Saudi tak lagi menghentikan wanita yang berpergian ke pantai atau laut tanpa pendamping atau wali prianya seperti suami, ayah atau saudara kandung. Sekarang dia bisa menjelajahi perairan dengan bebas.

Olahraga menyelam sendiri masih jarang dilakukan oleh wanita Arab Saudi. Untuk memperkenalkannya, maka dari itu Nouf Alosaimi menciptakan komunitas Pink Bubbles Divers. Pada 2019 kemarin, Nouf sudah menggelar acara di Jeddah di mana pada momen tersebut dia mengajak para wanita Arab Saudi menikmati pantai pribadi dalam sehari.

Dan kini setelah larangan wanita berpergian di pantai tanpa wali dicabut, Nouf berencana membuat acara yang lain. Dia ingin mengajak para penyelam wanita menemukan titik-titik selam baru di kawasan laut Arab Saudi.

"Aku dulu merasa buruk karena aku lebih tahu laut merah di Mesir daripada laut merah di Saudi," kata Alosaimi. "Sekarang, aku sudah memiliki kesempatan untuk melihat semua keindahan ini, terumbu karangnya," ujarnya.

Nouf AlosimiFoto Nouf Alosimi. Foto: Instagram @redseacitizen.


Simak Video "Grand FInal Sunsilk Hijab Hunt 2019 Akhirnya Dimulai"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)