Kisah Inspiratif Dini, Wajah Rusak karena Terbakar Hingga Operasi Face Off

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 03 Jul 2020 13:52 WIB
dini_setiaa Foto: Dok. Instagram @dini_setiaa.
Bandung -

Wanita bernama Dini Setia Utami mungkin tidak akan menyangka lampu lentera yang berada di rumahnya itu akan membawa malapetaka. Karena lampu itulah kemudian wajah mulusnya menderita luka bakar hebat. Peristiwa itu terjadi pada Mei 1995 di rumahnya di Kabupaten Kabaena, Sulawesi Tenggara.

Saat itu, ibunda Dini, Lilis Siti Maesaroh, hendak menyalakan lampu lentera atau dikenal juga dengan lampu kapal. Tanpa disangka, lampu yang berisi minyak tanah itu meledak. Lalu api beserta minyak panas itu menyambar tubuh Lilis dan kedua anaknya, Jajang Sudrajat serta Dini. Naas bagi Dini yang kala itu masih berusia tiga tahun, wajah dan badannya melepuh. Daging dagunya sampai menempel pada bagian dadanya. Daun telinganya juga melepuh. Kedua tangan dan badannya rusak berat.

"Saya mengalami musibah kebakaran pada 1995. Sekitar umur tiga tahun kurang. Luka bakar yang diderita sekitar 50% dari atas kepala sampai dada dan tangan sebelah kanan. Seikitar tahun 2006, saya dapat kesempatan dan bantuan beberapa. Media juga yang meng-up berita saya sampai saya bisa menjalankan beberapa kali operasi di RS Hasan Sadikin, Bandung. Kurang lebih belasan kali operasi," kisah Dini kepada Wolipop baru-baru ini..

[Gambas:Instagram]


Dini mengatakan musibah kebakaran yang menimpanya dan keluarganya itu terjadi sembilan bulan setelah mereka mengikuti program transmigrasi dari Bandung ke Kabaena. Sulawesi Tenggara. Setelah musibah, dia pun harus bolak-balik Jakarta-Sulawesi untuk berobat.

"Setelah berobat di Jakarta selesai, memutuskan untuk balik lagi ke Bandung," ujarnya.

Dini menceritakan bagaimana dia menjawani masa perawatan untuk pemulihan wajahnya. Selama dua tahun dia harus menjalani pemulihan. Dan pada 2006, dokter kembali menyarankan melakukan operasi. Namun karena bukan orang yang berkecukupan pada saat itu dia bingung mengenai biaya operasinya. Beruntung dia kemudian mendapatkan bantuan dari berbagai pihak.

dini setiaFoto Dini Setia. Foto: instagram @dini_setiaa.



"Alhamdulillah dibantu media juga. Saya bisa mendapatkan perawatan dan operasi secara gratis pada saat itu. Belasan kali operasi yang dibagi menjadi empat tahap. Sekarang kondisi sudah jauh lebih baik. Meski masih ada beberapa yang sebenernya perlu perbaikan," ungkapnya.

Kini sudah menjalani hidupnya dengan normal setelah beberapakali menjalani operasi face off atau rekonstruksi wajah. Dini merintis usaha online hasil kerajinan tangannya.

"Sebelum psbb, aku punya usaha Craft, namanya Instagramnya @setiacraft.id. Aku juga punya kelompok usaha membuat kain motif shibori. Selain itu aku juga usaha berjualan madu juga lewat Instagramku @dini_setiaa," kata Dini.

dini setiaDini Setia bersama teman-temannya. Foto: instagram @dini_setiaa.


Simak Video "Kreasi Jam Tangan Semen dari Pengrajin Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)
dMentor
×
Ciptakan Mental Baja Dalam Berbisnis
Ciptakan Mental Baja Dalam Berbisnis Selengkapnya