Kenalan dengan Alia, Rapper Manis Berhijab Asal Amerika

Silmia Putri - wolipop Kamis, 12 Jul 2018 17:34 WIB
Rapper berhijab asal Amerika. Foto: Instagram/AliaSharieef Rapper berhijab asal Amerika. Foto: Instagram/AliaSharieef

Jakarta - Lagu rap dan wanita berhijab dahulu jadi dua hal yang tampak sulit untuk menyatu. Namun, seiring berkembangnya zaman, rapper berhijab mulai bermunculan khususnya di benua Eropa dan Amerika.

Selain Mona Haydar yang viral karena 'ngerap' tentang hijab saat hamil, rapper berhijab lain yang aktif merilis lagu adalah Alia Sharieef. Hijabers asal California, Amerika ini sudah aktif membuat lagu rap sejak tahun 2011.

Baca juga: Sindir Islamophobia Lewat Lagu Rap, Hijabers Hamil Ini Jadi Viral

Lagu yang Alia buat cukup bervariasi, mulai dari lagu religi berjudul 'Ya Maula' hingga lagu rap tentang isu-isu sosial yang ada. Single terakhir yang ia buat jadi momentum yang penting. Lagu berjudul 'My Girls Rock' tampaknya membuat Alia lebih populer.

Kenalan dengan Alia, Rapper Manis Berhijab Asal AmerikaFoto: Instagram/AliaSharieef



Lagu tersebut mengambil tema wanita berhijab. Dalam video klipnya, Alia menggandeng lebih dari 10 wanita muslim. Kebanyakan di antara mereka memakai hijab. Semuanya kompak pakai busana warna hitam.

Di video klip itu, Alia memakai kaos bertuliskan 'Khadija, Fatimah, Maryam, and Asiya'. Tampilannya cukup glamor dengan aksen warna emas pada aksesori seperti kalung dan anting.



Single 'My Girls Rock' menuai beragam respons. Banyak yang menyukai suara Aliya, tema lagu, hingga konsep video klipnya. Namun ada pula yang mengkritik penampilannya yang dianggap terlalu berani dan seksi.

Baca juga: Rapper Berhijab yang Viral Ini Berencana Luncurkan Album Seperti Beyonce

Tak hanya menjadi seorang rapper. Aliya juga membentuk sebuah platform untuk seniman muslim bernama The Hijabi Cronical. Platform ini menjadi wadah untuk mengembangkan potensi seni para muslimah, terutama dalam musik hiphop.

Meski platform ini belum dikenal secara luas, Aliya sudah sering diundang ke berbagai acara untuk jadi pembicara. Ia mewakili seniman muslim yang fokus melahirkan karya.
(sil/sil)