Cerita Lindswell Kwok Belajar Berhijab, Ngumpet-Ngumpet di Mobil

Silmia Putri - wolipop Rabu, 15 Mei 2019 12:01 WIB
Lindswell Kwok sempat belajar hijab sembunyi-sembunyi. Foto: Ari Saputra Lindswell Kwok sempat belajar hijab sembunyi-sembunyi. Foto: Ari Saputra

Jakarta - Setelah mantap menjadi muallaf, perjuangan Lindswell Kwok, mantan atlet Wushu Indonesia belum berakhir. Ia menghadapi banyak tantangan, salah satunya adalah mendalami agama Islam.

Tak hanya belajar mengaji, Lindswell juga belajar memakai hijab. Sekitar tahun 2016, belum banyak yang tahu identitas agama Linswell. Oleh karena itu, ia harus belajar secara sembunyi-sembunyi.

"Jadi awalnya itu, emang aku nggak terlalu suka pakai baju yang gimana-gimana banget. Sukanya tuh pakai celana kulot, kemeja, baju polos biasa aja. Pas awal berhijab, pakai hijab segi empat hijab," ungkap Lindswell kepada Wolipop, Jumat (10/5/2019) di kawasan Tangerang, Banten.

Cerita Lindswell Kwok Belajar Berhijab, Ngumpet-Ngumpet di MobilLindswell berbagi cerita saat ia belajar berhijab. Foto: Ari Saputra



Peraih medali emas pada cabang olahraga Wushu di Asian Games 2018 ini hanya memakai hijab untuk keperluan tertentu. Misalnya, saat mengunjungi tempat-tempat yang tidak banyak orang yang mengenalnya.

"Pakainya Kalau mau jalan ke mall, sama temen yang udah tahu aku muslim, aku pakai hijabnya di mobil. Kalau mau kajian juga, ganti baju gamisnya tuh di mobil. Apa-apa di mobil," terang wanita kelahiran 1991 ini.

Waktu yang ia butuhkan untuk berhijab kala itu masih sangat lama. Jika sekarang ia hanya membutuhkan waktu lima menit untuk berhijab, dulu ia harus memakan waktu hingga 30 menit untuk memasang kerudung di kepalanya.


Cerita Lindswell Kwok Belajar Berhijab, Ngumpet-Ngumpet di MobilLindswell Kwok belajar pakai hijab. Foto: Ari Saputra

"Pakainya juga lama, dari berangkat masuk mobil terus sampai ke tempat tujuan baru beres, malah belum beres sih. Setelah turun masih ngaca lagi, 'kerudungnya kayanya miring deh, penitinya nggak enak deh'," tambah Lindswell.

Youtube menjadi sarana Lindswell untuk belajar berhijab. Tak ada orang yang mengajarinya secara langsung. Namun, ia banyak belajar dari para hijabers yang ia lihat baik langsung maupun di media sosial.

"Nggak ada yang ngajarin sih, kebanyakan liat di Youtube, liat orang. Jadi cuma pakai peniti, udah gitu simple. Karena nggak ngerti juga cara yang macem-macem," terang istri Achmad Hulaefi ini.

Untuk produk hijab, Lindswell mengaku lebih suka bahan hijab segi empat voile yang berukuran besar. Bahan voile sangat ringan dan mudah dipakai.

Lindswell juga suka memakai hijab instan. Desainnya yang praktis dan memudahkannya untuk beraktivitas, termasuk saat salat di luar rumah.

"Kalau hijab instan bahannya apa aja sih, asal jangan yang terlalu tebal dan berat. Aku suka hijab instan karena 'lep' udah. Kalau salat di mall gitu, nggak usah rebutan cermin untuk benerin kerudung," tutupnya.

Rencananya, Lindswell juga akan merilis produk hijab di clothing line besutannya, Kianne. Melalui label busana ini, Lindswell menunjukkan selera berbusana yang simple, praktis, elegan, dan nyaman dipakai. (sil/sil)