ADVERTISEMENT

Manfaat Bunga Telang & Bahayanya, Bisa Turunkan Berat Badan Tapi Sebabkan Ini

Arina Yulistara - wolipop Minggu, 18 Des 2022 08:00 WIB
Manfaat Bunga Telang. Foto: Dok. iStock Manfaat Bunga Telang. Foto: Dok. iStock
Jakarta -

Kamu tentu tahu bunga telang yang diklaim bagus buat kesehatan dan diet turun berat badan. Yuk memahami lebih lanjut mengenai manfaat bunga telang dan bahayanya.

Mengutip Healthline, bunga telang telah dipelajari oleh beberapa penelitian mengenai khasiatnya yang bisa meningkatkan kesehatan. Terdapat ragam manfaat bunga telang.

Secara khusus, beberapa penelitian menunjukkan bahwa salah satu manfaat bunga telang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dan rambut, penurunan berat badan, hingga mengurangi kadar gula darah.

Mari kita bahas mengenai manfaat bunga telang dan bahayanya:

Manfaat teh bunga telang dan cara membuatnya agar terasa nikmatManfaat teh bunga telang. Foto: Getty Images/iStockphoto

A) Serba-serbi bunga telang

Sebelum memahami manfaat dan bahaya bunga telang, kamu perlu mengetahui kalau bunga telang itu memiliki nama ilmiah Clitoria ternatea. Ini merupakan tanaman asli Asia.

Warna bunga telang umumnya biru dan memiliki warna keunguan ketika direndam air. Bunga telang kaya akan antosianin disebut juga ternatin yang merupakan senyawa antioksidan, bertanggung jawab atas warnanya yang unik.

Banyak produsen menggunakan bunga telang dalam kosmetik atau sebagai pewarna alami untuk makanan, minuman, dan tekstil. Bunganya juga biasa diseduh menjadi teh herbal, seringkali bersama bahan-bahan seperti serai, madu, dan lemon.

B) Manfaat bunga telang

Bagaimana dengan manfaat dan bahaya bunga telang? Kita bahas mengenai manfaat bunga telang lebih dulu ya.

1. Mengurangi risiko terkena kanker

Studi tabung reaksi menunjukkan bahwa ternatin dapat meredakan peradangan dan dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Selain itu, tanaman tersebut mengandung beberapa antioksidan lain, seperti kaemphferol yang bisa membantu melawan kanker.

Ada pun kandungan p-Coumaric acid yang menurut beberapa penelitian memiliki efek antiinflamasi, antimikroba, dan antivirus, yang dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit.

Di samping itu, kandungan Delphinidin-3,5-glucoside di dalamnya juga membantu merangsang fungsi kekebalan tubuh yang menyebabkan kematian sel pada sel kanker kolorektal.

2. Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut

Menurut sebuah studi tahun 2021, manfaat bunga telang selanjutnya dapat meningkatkan hidrasi kulit hingga 70% satu jam setelah penggunaan secara topikal.

Bunga telang mengandung banyak sekali antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan rambut dan kulit. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami sepenuhnya bagaimana manfaat bunga telang yang dapat memengaruhi rambut dan kulitmu.

Manfaat bunga telang, bisa menurunkan berat badan...KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Keren! Aksi Robot Animatronik Yayoi Kusama Lagi Melukis"
[Gambas:Video 20detik]