ADVERTISEMENT

10 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Pasti Berguna

Hestianingsih Hestianingsih - wolipop Selasa, 12 Jul 2022 19:00 WIB
Newborn baby sleep at first days of life. Portrait of new born child boy one week old sleeping peacefully with a cute soft toy in crib in cloth background. Ilustrasi perlengkapan bayi baru lahir. Foto: Getty Images/iStockphoto/NataliaDeriabina
Jakarta -

Perlengkapan bayi baru lahir sebaiknya sudah dipersiapkan sejak memasuki trimester tiga kehamilan. Kenapa harus dilakukan jauh-jauh hari sebelum persalinan?

Saat kehamilan sudah masuk trimester tiga, persalinan bisa terjadi kapan saja, bahkan di saat-saat tak terduga. Selain agar memudahkan istri dan suami begitu ada keadaan darurat, juga supaya tidak bingung ketika harus buru-buru ke rumah sakit.

Apa saja perlengkapan bayi baru lahir yang harus diprioritaskan? Ini dia daftarnya.

1. Pakaian Bayi

Shot of a mother changing her newborn baby girl at homeFoto: Getty Images/pixdeluxe

Perlengkapan bayi baru lahir yang utama adalah seperangkat pakaian bayi. Tidak perlu mewah untuk minggu-minggu pertama kelahiran bayi.

Kamu bisa membeli pakaian bayi yang sederhana dan ramah anggaran. Sebaiknya jangan terlalu banyak membeli pakaian bayi baru lahir karena tidak akan dipakai lama.

Seperangkat pakaian yang dibutuhkan;

5-8 pakaian dalam, tergantung seberapa sering mencucinya
3-4 kain tidur bayi untuk alas tidur
5-7 pasang kaus kaki bayi
1-2 topi bayi baru lahir, tergantung iklim

Pertimbangkan seberapa sering kamu mencuci pakaian dan perkiraan cuaca saat bayi lahir. Ini akan mempengaruhi pilihan perlengkapan bayi baru lahir yang diperlukan.

2. Popok Bayi

Ilustrasi Ganti Popok BayiIlustrasi Ganti Popok Bayi. Foto: Shutterstock

Popok menjadi kebutuhan utama yang wajib punya saat membeli perlengkapan bayi baru lahir. Kamu bisa membeli popok kain atau sekali pakai. Kedua jenis popok tersebut memiliki plus dan minusnya.

Dalam membeli popok sebagai perlengkapan bayi baru lahir, kamu perlu mempertimbangkan anggaran. Mungkin bisa menyediakan kedua jenis tersebut jika bingung dan pilih mana yang paling nyaman.

Ingat, perlengkapan bayi baru lahir satu ini wajib karena bayi pada minggu pertama bisa menggunakan 8 hingga 10 popok sehari. Jadi pastikan kamu memiliki banyak popok. Siapkan juga perlak untuk mengganti popok.

3. Perlengkapan Mandi Bayi

ilustrasi bayi mandiiIustrasi bayi mandi. Foto: iStock

Apa saja alat mandi bayi baru lahir yang dibutuhkan?

- 3-5 lap bayi
- 1-2 handuk
- 1 washlap
- 1 botol sabun mandi bayi
- 1 botol lotion dan penghangat tubuh bayi
- Bak mandi bayi

4. Kotak P3K untuk Bayi

Kotak P3KKotak P3K. Foto: Thinkstock

Kotak berisi P3K perlu disiapkan untuk berjaga-jaga agar bisa memberikan pertolongan pertama saat bayi ada masalah. Beberapa benda esensial yang perlu ada antara lain gunting kuku bayi, termometer digital, pipet atau alat tetes obat dan aspirator hidung.

5. Perlengkapan Tidur Bayi

Ilustrasi bayi tidurIlustrasi bayi tidur Foto: Getty Images/iStockphoto/FamVeld

Bayi memiliki durasi tidur yang lama, yakni 16,5 jam dalam sehari. Maka dari itu, kita sebagai orang tua harus benar-benar memastikan perlengkapan tidur bayi nyaman.

Misalnya membeli bantal, kelambu, atau perlak sehingga bayi bisa mendapatkan tidur yang berkualitas.

6. Gendongan Bayi

ilustrasi gendongan bayi baby wrap.Ilustrasi gendongan bayi baby wrap. Foto: Getty Images/iStockphoto/Halfpoint

Salah satu cara menciptakan bonding antara ibu dan anak, yakni dengan menggendong bayi. Agar lebih mudah, ibu bisa menggunakan gendongan dari kain maupun yang instan.

7. Perlengkapan Menyusui

Baby bottle with breast pump attachement and empty bottle against a wood backgroundFoto: Getty Images/iStockphoto/yannp

Satu-satunya makanan yang dapat dikonsumsi bayi adalah Air Susu Ibu (ASI). Nah, untuk itu orangtua harus menyiapkan perlengkapan menyusui agar si bayi bisa nyaman. Misalnya membeli pompa ASI, kantung ASI, botol, dan alat pembersih peralatan menyusui agar higienis.

8. Tempat Tidur Bayi

Bayi tidur Foto: iStock

Tempat tidur bayi juga jadi barang yang tak kalah penting untuk dibeli. Perlengkapan bayi baru lahir ini memudahkan buah hati kamu untuk tidur dengan aman dan nyaman.

9. Bib atau Celemek

A baby boy sitting in his high chair.He is holding a bottle in his hands. Foto: Getty Images/iStockphoto/Ivanko_Brnjakovic

Perlengkapan bayi baru lahir lainnya adalah bib atau celemek. Biasanya bayi akan gumoh atau muntah setelah minum ASI, bib atau celemek kecil yang dikenakan di leher inilah berfungsi untuk menampung gumoh atau muntah bayi agar tak mengotori pakaiannya.

10. Pelindung dari Gigitan Nyamuk

Ilustrasi NyamukIlustrasi Nyamuk. Foto: (iStock)

Pelindung dari gigitan nyamuk seperti kelambu berfungsi untuk melindungi bayi agar terhindar dari gigitan nyamuk. Selain kelambu, stiker anti nyamuk dengan bahan alami dan aman juga bisa menjadi pilihan ibu untuk menjaga si kecil.

(hst/hst)