ADVERTISEMENT

Ngeri, Pria di China Alami Kerusakan Paru-paru karena Terlalu Semangat Nyanyi

Hestianingsih - wolipop Kamis, 02 Des 2021 10:15 WIB
ilustrasi sakit jantung Foto: shutterstock
Jakarta -

Aktivitas menyenangkan seperti karaoke bisa berubah jadi bencana jika tidak hati-hati. Seorang pria menderita kerusakan pada paru-paru akibat terlalu semangat menyanyi.

Nasib malang dialami Wang Zhe, pria asal China, yang harus dilarikan ke rumah sakit karena masalah paru-paru. Ia masuk unit gawat darurat setelah menyumbangkan lagu di ulang tahun temannya.

Seperti diberitakan Oddity Central, pria asal Changsha, Provinsi Hunan ini, ingin menyemarakkan suasana di ulang tahun temannya dengan bernyanyi. Ia pun memilih lagu yang memang sulit secara teknik karena banyak menggunakan nada tinggi.

Saat Wang Zhe berusaha mencapai nada tinggi di tengah penampilannya, dia merasakan ada sakit yang menusuk pada bagian dada. Pria 25 tahun ini pun berhenti menyanyi sambil masih merasakan sakit.

Wang Zhe mengira bahwa sakit pada dadanya ringan dan bisa ditahan. Sehingga ia tidak terlalu mempedulikannya. Namun ketika bangun di keesokan harinya, dirinya kesulitan bernapas.

Keluarga Wang Zhe pun langsung membawanya ke rumah sakit. Setelah menjelaskan pada dokter kalau ia merasakan sakit di dada kanannya sepanjang malam, Wang Zhe dirujuk untuk menjalani X-ray.

Pemeriksaan X-ray menunjukkan kalau Wang Zhe menderita pneumothorax, suatu kondisi di mana gelembung udara terbentuk di antara paru-paru dan dinding dada. Jika tidak segera ditangani kondisi tersebut bisa berakibat fatal.

Dokter menjelaskan saat dia memaksakan suaranya untuk mencapai nada tinggi ketika bernyanyi, Wang Zhe terlalu memaksakan tenaga. Alhasil kantong udara pada paru-paru kanannya pecah, menyebabkan terbentuknya kantong udara lain yang berukuran lebih besar.

Kantong tersebut menekan paru-paru hingga dia kesulitan bernapas. Tindakan bullectomy pun harus dilakukan. Bullectomy merupakan prosedur invasif untuk mengeluarkan udara yang terbentuk pada rongga dadanya.

Beruntung, nyawa Wang Zhe terselamatkan. Setelah benar-benar pulih ia akhirnya keluar dari rumah sakit.



Simak Video "Emak-emak di Solo Meriahkan Parade Kebaya"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)