Pentingkah Konsumsi Produk Kolagen untuk Kecantikan? Ini Kata Dokter

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 26 Nov 2021 15:30 WIB
menambahkan bubuk kolagen pada kopi Ilustrasi bubuk kolagen/Foto: iStock
Jakarta -

Untuk menjaga kecantikan pastinya dibutuhkan perawatan rutin. Tak hanya perawatan dari luar, melainkan juga dari dalam. Salah satu perawatan kecantikan dari dalam yang saat ini tengah banyak diminati adalah dengan mengonsumsi produk yang mengandung kolagen. Tapi sebenarnya seberapa penting mengonsumsi produk kolagen bagi tubuh?

Dalam acara konferensi pers peluncuran Blisse di GIOI Menteng, dr. Kartika Soekmadjie selaku dokter estetika medis memberikan penjelasan. Menurut dirinya mengonsumi produk mengandung kolagen sangat penting untuk menjaga kesehatan dan juga kecantikan.

"Penting banget. Karena kolagen itu membangun berbagai struktur jaringan di tubuh kita dan paling banyak itu di kulit. Kan semakin bertambahnya usia jumlah kolagen kita juga berkurang," terang dokter Kartika pada Kamis (25/11/21).

Sang dokter menjelaskan bahwa untuk menjaga dan merawat kecantikan memang diperlukan perawatan dari luar maupun dalam. Jika dari luar bisa dengan menggunakan skincare atau mengunjungi klinik-klinik kecantikan. Sedangkan dari dalam, salah satunya adalah dengan mengonsumsi produk mengandung kolagen.

Walaupun sebenarnya tubuh kita memproduksi kolagen, namun semakin bertambahnya usia maka jumlah kolagen dalam tubuh akan semakin berkurang. Sementara kolagen sendiri diketahui memiliki peran penting untuk regenerasi dan menjaga elastisitas kulit agar kulit tetap awet muda dan sehat.

"Mulai dari 25 tahun itu kolagen tubuh berkurang 1 sampai 1 setengah persen. Awalnya mungkin nggak berasa tapi lama-lama baru kerasa," terang sang dokter.

Oleh karena itu dokter Kartika menyarankan untuk mengonsumsi produk mengandung kolagen sedini mungkin, bisa dimulai dari usia 20 tahun. Untuk jumlah konsumsi kolagen, sang dokter juga menjelaskan bahwa hal itu berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan tubuh masing-masing. Namun umumnya dalam satu hari tubuh membutuhkan rata-rata sekitar 1.000 hingga 5.000 mg kolagen.

Mengonsumsi produk kolagen lebih dari batas normal menurut sang dokter tidak akan memberikan manfaat lebih bagi tubuh. Sementara itu untuk dampak negatifnya sendiri saat ini belum ada penelitian yang mengatakan bahwa konsumsi produk kolagen terlalu banyak bisa memberikan pengaruh buruk bagi tubuh. Walaupun demikian, dokter Kartika tetap menyarankan untuk mengonsumsi produk kolagen sesuai dengan takaran yang dianjurkan.

Lebih lanjut dokter Kartika juga mengimbau untuk memilih produk mengandung kolagen yang memang sudah terpercaya. Karena menurut penuturannya beberapa produk kolagen yang terbuat dari bahan-bahan kurang bagus bisa memberikan efek samping seperti jerawat dan juga iritasi pada kulit.



Simak Video "Minta Maaf, Olvah Alhamid Ngaku Juga Sering Dapat Perlakuan Rasis"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/vio)