Mengenal Diet Clean Eating, Cara Sehat dengan 'Makan Bersih'

Hestianingsih - wolipop Selasa, 23 Nov 2021 13:15 WIB
Ilustrasi diet clean eating. Foto: iStock Ilustrasi diet clean eating. Foto: iStock

Balanced diet Organic Healthy food Clean eating selection Including Certain Protein Prevents Cancer: fish, meat, fruit, vegetable, cereal, leaf vegetable Foto: iStock

4. Makan dengan Porsi Secukupnya

Sesehat apa pun makanan, apabila mengonsumsinya secara berlebihan efeknya tetap tidak baik bagi tubuh. Makanlah dengan porsi sesuai kebutuhan dan perbanyak asupan seratnya.

Marisaa Lippert, RD, pemilik Nourish Kitchen + Table menyarankan untuk membagi piring menjadi seperlima. Tiga perlima bagian haruslah diisi dengan sayur dan buah, sementara satu perlima bagian protein, dan satu perlima sisanya karbohidrat kompleks.

5. Perhatikan Cara Memasak

Diet clean eating juga menyoroti cara pengolahan makanan yang benar agar nutrisi dari bahan-bahan mentah berkualitas tidak terbuang. Sebab sejumlah nutrisi mungkin akan hilang jika dipanaskan seperti vitamin C atau lycopene.

Maka dari itu disarankan memasak makanan dalam waktu cepat. Misalnya mengukus brokoli atau wortel hanya dalam beberapa menit saja.

Bisa juga menumis sayuran dan bahan hewani dengan sedikit minyak, namun waktunya tetap dibatasi paling lama 10 menit. Hindari memasak dengan cara deep frying atau merebus dalam waktu lama karena bisa menghilangkan nutrisi serta kandungan seratnya.

Gunakanlah bumbu-bumbu alami yang berasal dari rempah-rempah segar seperti kunyit, kencur, lengkuas, bawang merah-bawang putih, jahe, kemiri, merica, dan sebagainya. Hindari menggunakan bumbu siap pakai karena umumnya mengandung bahan pengawet, perasa dan pewarna buatan.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(hst/hst)