Diet Alkali, Pola Makan Banyak Sayuran dan Hindari Daging Merah

Hestianingsih - wolipop Selasa, 16 Nov 2021 08:00 WIB
Ilustrasi diet alkali. Foto: Getty Images/iStockphoto/KucherAV Ilustrasi diet alkali. Foto: Getty Images/iStockphoto/KucherAV

Kontroversi Diet Alkali

Banyak makan sayur dan buah memang sangat dianjurkan. Tapi sebaiknya diimbangi juga dengan asupan nutrisi yang seimbang. Karena diet alkali cenderung sangat mengurangi konsumsi makanan seperti daging, ayam serta hanya membolehkan buah serta sayur tertentu, pola makan ini juga berisiko membuat seseorang kurang mengasup nutrisi penting sehingga dietnya tidak seimbang.

Pakar gizi Emilia E. Achmadi, MS. RD pun mengamini hal ini. Dia menyebut lebih setuju jika diet dilakukan dengan memberi asupan nutrisi yang seimbang pada tubuh.

"Kalau orang tanya ke saya kuncinya hidup sehat, saya cuma jawab balance dan moderasi. Balance ya kita memasukkan semua komponen makanan. Ada produk hewan, susu, telur, daging, ikan. Nabati: tempe, tahu, buah, kemudian ada karbohidrat, roti, kentang, jagung, pasta, mie. Lalu ada komponen cairan, air yang harus dikonsumsi. Ini yang disebut balance, tapi dengan moderasi. Jangan pilih-pilih misalnya kita makan daging banyak karena kita suka daging sementara sayurnya hanya sedikit," ujarnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Heboh Indra Bekti Mirip Pemeran Money Heist Korea"
[Gambas:Video 20detik]

(hst/hst)