7 Cara Mengecilkan Perut, Gampang dan Efektif

Anggi Mayasari - wolipop Kamis, 16 Sep 2021 09:18 WIB
Cara mengecilkan perut. Foto: iStock Cara mengecilkan perut. Foto: iStock
Jakarta -

Perut buncit tak hanya mengganggu penampilan, tapi juga bisa berbahaya bagi kesehatan. Mempertahankan bagian tengah tubuh yang ramping tidak hanya membuatmu tampak hebat, tapi juga dapat membantu kamu hidup lebih lama. Bagaimana cara mengecilkan perut?

Perut buncit dikaitkan dengan risiko penyakit jantung, diabetes, dan bahkan kanker yang lebih tinggi. Menurunkan berat badan, terutama lemak perut, juga meningkatkan fungsi pembuluh darah dan juga meningkatkan kesehatan.

Meskipun kehilangan lemak dari bagian perut ini bisa sulit, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi kelebihan lemak perut. Apa saja?

Berikut tujuh cara mengecilkan perut menurut penelitian seperti dikutip dari Healthline:

1. Makan Banyak Serat Larut

Serat larut menyerap air dan membentuk gel yang membantu memperlambat makanan saat melewati sistem pencernaan. Studi menunjukkan bahwa jenis serat ini meningkatkan penurunan berat badan dengan membantu merasa kenyang, sehingga secara alami makan lebih sedikit. Terlebih lagi, serat larut dapat membantu melawan lemak perut.

Sebuah studi observasional pada lebih dari 1.100 orang dewasa menemukan bahwa untuk setiap peningkatan 10 gram asupan serat larut, penambahan lemak perut menurun 3,7% selama periode 5 tahun. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan berserat tinggi setiap hari.

Sumber serat larut yang sangat baik sehingga bisa menjaci cara mengecilkan perut meliputi, Flaxseed, mie shirataki, alpukat, polong-polongan dan blackberry

2. Hindari Makanan yang Mengandung Lemak Trans

Salah satu cara mengecilkan perut diantaranya dengan menghindari mengonsumsi makanan yang mengandung lemak trans. Lemak trans dibuat dengan memompa hidrogen menjadi lemak tak jenuh, seperti minyak kedelai.

Lemak trans ditemukan di beberapa margarin dan juga sering ditambahkan ke makanan kemasan, tetapi banyak produsen makanan telah berhenti menggunakannya. Lemak ini telah dikaitkan dengan peradangan, penyakit jantung, resistensi insulin, dan penambahan lemak perut dalam penelitian observasional dan hewan.

Sebuah studi 6 tahun menemukan bahwa monyet yang makan makanan tinggi lemak trans memperoleh lemak perut 33% lebih banyak daripada mereka yang makan makanan tinggi lemak tak jenuh tunggal. Untuk membantu mengurangi lemak perut dan melindungi kesehatan, baca label bahan dengan hati-hati dan jauhi produk yang mengandung lemak trans. Ini sering terdaftar sebagai lemak terhidrogenasi parsial.

3. Mengonsumsi Makanan Berprotein Tinggi

Protein adalah nutrisi yang sangat penting untuk manajemen berat badan. Asupan protein yang tinggi meningkatkan pelepasan hormon kepenuhan PYY, yang menurunkan nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang.

Protein juga meningkatkan tingkat metabolisme dan membantu mempertahankan massa otot selama penurunan berat badan. Banyak penelitian observasional menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak protein cenderung memiliki lebih sedikit lemak perut daripada mereka yang makan diet rendah protein

Pastikan untuk memasukkan sumber protein yang baik setiap kali makan, seperti daging, ikan, telur, susu, kacang polong.

4. Cara Mengecilkan Perut dengan Kurangi Stres

Stres dapat membuat kamu bertambah gemuk dengan memicu kelenjar adrenal untuk memproduksi kortisol, yang juga dikenal sebagai hormon stres. Penelitian menunjukkan bahwa kadar kortisol yang tinggi meningkatkan nafsu makan dan mendorong penyimpanan lemak perut.

Terlebih lagi, wanita yang sudah memiliki pinggang besar cenderung memproduksi lebih banyak kortisol sebagai respons terhadap stres. Peningkatan kortisol semakin menambah penambahan lemak di sekitar bagian tengah

Untuk membantu mengecilkan perut lakukan aktivitas menyenangkan yang menghilangkan stres. Berlatih yoga atau meditasi bisa menjadi metode yang efektif.

Cara mengecilkan perut bisa juga dengan minyak kelapa....KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2