Bolehkah Divaksin saat Sedang Haid? Simak Penjelasannya di Sini

Erika Dyah - wolipop Selasa, 17 Agu 2021 11:40 WIB
Nyeri Haid Foto: iStock
Jakarta -

Akselerasi kegiatan vaksinasi terus dilakukan di berbagai daerah di Indonesia untuk seluruh kalangan masyarakat demi mencapai herd immunity. Meski telah digencarkan dan terus disosialisasikan, masih ada berbagai pertanyaan soal vaksinasi salah satunya dari para perempuan terkait vaksinasi saat haid.

Sebagian perempuan biasanya merasa tidak enak badan bahkan mengalami gejala lemas, sakit kepala, perut nyeri dan kram, mual dan kembung, hingga demam saat sedang mengalami haid. Karenanya, timbul kekhawatiran bahwa orang yang sedang haid tidak bisa divaksin. Sebab ditakutkan vaksinasi COVID-19 saat haid bakal memperparah gejala yang dirasakan.

Menanggapi kekhawatiran ini, Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi menjelaskan bahwa vaksin tetap bisa dilaksanakan meskipun seseorang sedang datang bulan. Meski demikian, ia mengatakan bahwa vaksinasi bisa ditunda jika terdapat keluhan atau gejala lain.

"Kalau ada keluhan lain selain haid tentunya ditunda sampai sakitnya atau nyerinya hilang ya. Karena itu (nyeri haid) biasanya 1-3 hari pertama saja," kata dr Nadia dikutip dari Indonesiabaik.id, Selasa (17/8/2021).

Masih dari sumber yang sama, disebutkan bahwa vaksinasi dapat dilakukan pada perempuan yang sedang haid jika suhu badan normal dan tidak lebih dari 37,5 derajat Celsius. Selain itu, penting juga untuk kamu para perempuan untuk tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan saat beraktivitas.

Disarankan juga bagi para perempuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang cukup sebelum maupun setelah vaksinasi. Beristirahat yang cukup sebelum vaksinasi. Serta meminum paracetamol jika demam, menggigil atau pegal-pegal setelah vaksinasi.

Serta jangan lupa untuk tidak menekan, memijat, atau menggosok lokasi bekas suntikan.

Perhatikan juga nasihat, petunjuk, atau larangan dokter yang berkaitan dengan penyakit penyerta (komorbid) dan pastikan tubuhmu dalam keadaan sehat saat divaksin, ya. Dengan memperhatikan berbagai imbauan di atas, kamu para perempuan tetap bisa mendapatkan vaksin tanpa perlu khawatir meski saat haid sekalipun.



Simak Video "Wow! Warga AS yang Divaksinasi Covid-19 Dapat Uang Rp 1,4 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)