8 Makanan Mengandung Protein Tinggi untuk Bantu Lawan Virus Corona

Hestianingsih - wolipop Selasa, 03 Agu 2021 05:30 WIB
Balanced diet Organic Healthy food Clean eating selection Including Certain Protein Prevents Cancer: fish, meat, fruit, vegetable, cereal, leaf vegetable Makanan yang mengandung protein tinggi. Foto: iStock
Jakarta -

Melawan virus Corona tidak cukup hanya dengan minum suplemen vitamin dan mineral. Tubuh juga memerlukan nutrisi dari makanan yang mengandung protein tinggi agar sistem imun tubuh lebih kuat.

Sejumlah pakar kesehatan pun menganjurkan untuk memperbanyak konsumsi protein pada pasien positif COVID-19. Sebab protein berperan penting dalam pembentukan sel-sel pertahanan tubuh terhadap penyakit.

"Protein ini penting sekali dalam pembentukan daya tahan tubuh. Tentara (imun) kita itu asalnya dari situ," ujar dr Vito Damay, SpJP, seperti dikutip dari detikHealth.

Kebutuhan protein harian orang dewasa sekitar 0,8 - 1 gram per 1 kg berat tubuh. Jadi jika diilustrasikan, orang dewasa dengan berat badan 50 kg memerlukan minimal 40 - 50 gram protein setiap harinya. Berikut ini daftar makanan yang mengandung protein tinggi, bantu imun tubuh lawan COVID-19:

1. Dada Ayam

grilled chicken breast with green salad and french fries on a black plate.Dada ayam makanan yang menghandung protein tinggi. Foto: Getty Images/iStockphoto/gkrphoto

Dada ayam merupakan salah satu makanan dengan kandungan protein tinggi. Sedikitnya terdapat 25 gram protein dalam 4 ons ayam. Kamu bisa mengolahnya dengan berbagai cara seperti dipanggang, tumis atau dijadikan sup.

2. Telur

Frittata made of eggs, potato, bacon, paprika, parsley, green peas, onion, cheese in iron pan on wooden tableTelur makanan yang menghandung protein tinggi. Foto: Getty Images/iStockphoto/DronG

Pasien COVID-19 sangat dianjurkan mengonsumsi telur rebus setiap hari agar cepat sembuh. Begitu pun bagi mereka yang belum terinfeksi, makan telur bisa membantu imun melawan berbagai virus dan bakteri, agar tidak menginfeksi tubuh.

Seperti dilansir BBC Good Food, dalam satu butir telur ukuran medium mengandung sekitar 6 gram protein. Bahan makanan ini sangat fleksibel dan bisa diolah jadi berbagai macam makanan seperti omelette, scrambled egg, telur mata sapi maupun diberi bumbu khas Indonesia seperti telur balado dan telur gulai.

3. Susu

Mother and child holding a glass of milkSusu makanan yang menghandung protein tinggi. Foto: Getty Images/iStockphoto/nongoa

Susu dan produk makanan olahannya seperti keju dan yoghurt tinggi akan protein serta kalsium. Konsumsi susu juga baik bagi pemulihan pasca COVID-19 agar gejalanya cepat hilang. Tapi pastikan terlebih dahulu kamu tidak memiliki intoleransi laktosa, sehingga susu bisa lebih mudah dicerna tubuh.

4. Makanan Laut

Mengenal Pescatarian, Diet Seafood untuk Menurunkan Berat BadanSeafood makanan yang menghandung protein tinggi. Foto: iStock

Makanan laut seperti ikan-ikanan, kerang, udang, juga termasuk makanan yang mengandung protein tinggi. Misalnya saja ikan tuna, dalam 150 gram umumnya mengandung 39 gram protein. Selain kaya protein, tuna juga kaya akan omega-3, lemak sehat yang baik bagi jantung.

5. Daging Sapi

Mau Bikin Steak dari Daging Kurban? Ikuti Tips 'Dims The Meat Guy'Daging sapi makanan yang menghandung protein tinggi. Foto: iStock/Instagram dimsthemeatguy

Dalam 85 gram daging sapi yang telah dimasak mengandung setidaknya 22 gram protein, zat besi dan vitamin B12. Jika memungkinkan pilih daging sapi tanpa lemak atau hanya mengandung sedikit lemak.

6. Edamame

ilustrasi edamameEdamame makanan yang menghandung protein tinggi. Foto: iStock

Jika tidak terlalu suka produk hewani, kamu bisa mengonsumsi edamame atau kacang kedelai. Edamame mengandung 17 gram protein dalam satu sajian cangkir. Kamu bisa mengukus atau merebus edamame untuk dijadikan camilan sehat atau sebagai tambahan bahan pada salad.

7. Tempe

Makan Tempe Terbukti Perkuat Imun Tubuh dan Perkecil Risiko Terpapar COVID-19Tempe makanan yang menghandung protein tinggi. Foto: iStock

Produk olahan kedelai ini punya rasa yang lezat dan sumber protein. Dalam empat ons tempe mengandung 16 gram karbohidrat, 8 gram lemak dan 12 gram serat.

8. Alpukat

5 Cara Mengolah Alpukat yang Enak dan Sehatkan PencernaanAlpukat makanan yang menghandung protein tinggi. Foto: iStock

Alternatif makanan protein tinggi dari nabati lainnya adalah alpukat. Buah dengan rasa gurih dan creamy ini tak hanya tinggi protein tapi juga kaya serat. Dalam satu butir alpukat ukuran sedang mengandung 4 gram protein.

Demikian daftar makanan yang mengandung protein tinggi. Kamu bisa mengonsumsinya setiap hari dan pastikan asupan nutrisi tetap seimbang. Selain protein, tubuh juga memerlukan karbohidrat, lemak, serat, vitamin dan mineral dalam jumlah cukup. Jadi pastikan makanan yang disantap bervariasi.

(hst/hst)