Anti Mubazir! Ini Daftar 13 Perlengkapan Bayi yang Harus Dibeli

Anggi Maya - wolipop Selasa, 08 Jun 2021 09:24 WIB
Pregnant woman is packing baby clothes for going to maternity hospital top view Ilustrasi perlengkapan bayi yang harus dibeli. (Foto: iStock)
Jakarta -

Melahirkan tentu menjadi momen yang paling dinanti untuk segera bertemu dengan buah hati. Selain mempersiapkan mental dan fisik, ada beberapa perlengkapan bayi yang harus dibeli.

Namun, menjelang melahirkan kerap kali membuat para ibu membeli perlengkapan bayi yang ternyata tak perlu dipakai bahkan jumlahnya kebanyakan alias mubazir. Agar tak boros dan mubazir, berikut daftar 13 perlengkapan bayi yang harus dibeli.

1. Popok

Popok adalah kebutuhan dasar bayi yang baru lahir dan perlengkapan yang wajib untuk dibeli. Bayi baru lahir biasanya menggunakan 8 hingga 10 popok sehari, jadi pastikan kamu memiliki stok popok yang cukup.

Popok kain atau popok sekali pakai, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika kamu memilih untuk menggunakan popok kain yang bisa dicuci dan digunakan kembali, pilihlah bahan yang mudah menyerap dan lembut atau terbuat dari katun untuk mengurangi terjadinya iritasi pada kulit bayi.

2. Perlengkapan Ganti Popok

Perlengkapan yang dibutuhkan saat mengganti popok diantaranya tissue basah khusus bayi untuk membersihkan bagian bawah bayi setelah buang air kecil atau buang air besar. Selain itu, perlak atau alas bayi tahan air sertas kapas bayi jug dibutuhkan sebagai perlengkapan ganti popok.

Perlengkapan bayiIlustrasi belanja perlengkapan bayi. (Foto: Shutterstock)

3. Baju

Meskipun kamu mungkin ingin beberapa pakaian lucu, ingatlah jika si kecil tak membutuhkan sesuatu yang mewah, tapi praktis dan nyaman. Jadi, memilih pakaian sederhana, polos, dan ramah anggaran tak menjadi masalah.

Sebaiknya tak membeli terlalu banyak item pakaian bayi baru lahir, karena buah hati kamu akan mengalami pertumbuhan yang sangat cepat. Berikut pilihan baju yang bisa ibu siapkan sebagai kebutuhan bayi baru lahir:

- 6 stel baju lengan pendek
- 6 stel baju lengan panjang
- 3 jumper pendek
- 3 jumper panjang
- 6 kaus singlet
- 3 celana pop

4. Tempat Tidur Bayi

Tempat tidur bayi juga jadi barang yang tak kalah penting untuk dibeli. Perlengkapan bayi ini memudahkan buah hati kamu untuk tidur dengan aman dan nyaman.

5. Kaus Kaki, Sarung Tangan, dan Topi

Kaus kaki, sarung tangan, dan topi membuat bayi tetap merasa hangat saat udara dingin. Ibu sebaiknya perlu menyiapkan 4-6 pasang kaus kaki dan sarung tangan, serta 3-4 topi berbahan katun.

6. Perlengkapan Mandi

Perlengkapan mandi bayi baru lahir berbeda dengan orang dewasa. Perlengkapan mandi bayi perlu didesain secara khusus agar tak menimbulkan iritasi, mengingat bahwa kulit bayi yang sensitif. Berikut daftar perlengkapan mandi bayi baru lahir yang perlu disiapkan:

- Bak mandi bayi
- 3-4 handuk bayi dengan bahan kain lembut
- Sabun bayi
- Minyak telon
- Pelembab atau minyak bayi
- Minyak rambut dan parfum bayi

7. Bedong dan Selimut

Ibu perlu menyiapkan 4-6 kain bedong untuk sang bayi agar tetap nyaman dan hangat setelah lahir. Selain itu, selimut juga jadi salah satu keperluan bayi yang wajib dibeli untuk melindungi buah hati saat cuaca dingin atau ketika menggunakan AC.

diapers, creams and other equipment (Foto: Getty Images/iStockphoto/StockPlanets)

8. Bib atau Celemek

Perlengkapan bayi yang harus dibeli lainnya adalah bib atau celemek. Biasanya bayi akan gumoh atau muntah setelah minum ASI, bib atau celemek kecil yang dikenakan di leher inilah berfungsi untuk menampung gumoh atau muntah bayi agar tak mengotori pakaiannya.

9. Pelindung Nyamuk

Pelindung nyamuk seperti kelambu berfungsi untuk melindungi bayi agar terhindar dari gigitan nyamuk. Selain kelambu, stiker anti nyamuk dengan bahan alami dan aman juga bisa menjadi pilihan ibu untuk menjaga si kecil.

10. Botol Susu

Jika ibu tak menyusui secara langsung karena beberapa alasan, botol susu diperlukan untuk memberikan si bayi ASI perah. Ibu membutuhkan setidaknya 2-3 botol susu beserta pembersihnya. Tentunya, Anda juga sudah menyiapkan terlebih dahulu alat pompa ASI.

11. Gunting Kuku

Gunting kuku khusus bayi juga jadi salah satu perlengkapan yang wajib dibeli. Memotong kuku bayi secara rutin mencegah si kecil terluka saat menggaruk wajahnya.

12. Deterjen Khusus Bayi

Membersihkan pakaian bayi yang kotor dibutuhkan deterjen yang diformulasikan khusus. Deterjen khusus bayi ini mencegah kemungkinan terjadinya alergi pada kulit bayi yang masih sensitif.

13. Obat-obatan

Perlengkapan bayi yang harus dibeli berikutnya adalah obat-obatan. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda mengenai obat-obatan yang perlu disiapkan untuk bayi. Biasanya obat-obatan seperti demam, batuk dan pilek, hingga termometer perlu dibeli sebagai antisipasi jika si kecil sakit.



Simak Video "Aksi Wanita Korsel Bela Atlet yang Dikritik Gegara Rambut Pendek"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)