'Tsunami' COVID-19 di India, Suami Istri Ini Viral Menolak Pakai Masker

Vina Oktiani - wolipop Selasa, 20 Apr 2021 14:15 WIB
Ilustrasi sampah masker di pantai Ilustrasi Masker Tak Terpakai / Foto: (Getty Images/iStockphoto/tataks)
Jakarta -

Pandemi Corona sampai saat ini belum juga usai dan masih menjadi permasalahan di berbagai negara. Itulah mengapa sangat penting bagi kita semua untuk bersama-sama melawan virus mematikan tersebut dengan mematuhi protokol kesehatan COVID-19. Namun pada kenyataannya beberapa orang ada yang masih menyepelekan dan tidak mau menghiraukan protokol pencegahan virus Corona yang berlaku.

Seperti dikutip dari Financial Express, pasangan asal India bernama Abha Gupta dan Pankaj Dutta terpaksa harus ditangkap oleh pihak berwajib karena melanggar protokol kesehatan COVID-19. Keduanya menolak untuk mengenakan masker penutup wajah karena merasa tidak memerlukannya. Selain itu Abha dan Pankaj juga tidak memiliki surat ijin untuk keluar malam yang diwajibkan jika terpaksa harus keluar selama jam malam akhir pekan.

Video pasangan tersebut kemudian dengan cepat menjadi viral di internet. Dalam video terlihat ada polisi yang menghentikan mobil mereka dan menanyakan alasan keduanya tidak mengenakan masker. Namun pasangan tersebut malah terlihat kesal dan mulai meneriaki sang polisi.

"Kita tidak akan menggunakan masker, apa yang akan kamu lakukan," ucap pasangan tersebut.

Aksi tak terpuji dari pasangan tersebut sontak mengundang beragam reaksi. Tak sedikit yang merasa kesal dengan apa yang dilakukan oleh Abha dan Pankaj.

Setelah ditangkap, Pankaj Dutta lalu mengatakan kepada polisi bahwa dirinya selalu mengenakan masker ketika tidak berada di dekat istrinya. Karena saat berada di dekat sang istri, istrinya itu melarangnya untuk mengenakan masker. Sedangkan sang istri berusaha berkelit dengan mengatakan bahwa masker membuatnya menjadi sesak napas. Sang istri juga mengatakan bahwa dirinya merasa tidak membutuhkan masker karena dirinya hanya bersama sang suami di dalam mobil.

Pemerintah negara India sendiri sebelumnya telah mewajibkan setiap orang untuk menggunakan masker, sekalipun berada di dalam mobil. Walaupun sebelumnya jumlah kasus COVID-19 di India sempat mereda, namun belakangan dikabarkan bahwa India justru mengalami 'tsunami' COVID-19. Jumlah kasus di negara tersebut mengalami lonjakan pesat. Hingga Sabtu (17/4/2021) India melaporkan sebanyak 260.778 kasus baru COVID-19.

Dilansir dari The Guardian lonjakan kasus tersebut diperkirakan karena adanya varian baru virus Corona yang lebih cepat menular. Selain itu ada banyak warga India yang juga sudah tak lagi khawatir akan bahaya virus Corona.

(vio/vio)