Gen Z yang Lahir Setelah 2004 Akan Diharamkan Beli Rokok di New Zealand

Hestianingsih - wolipop Minggu, 18 Apr 2021 16:09 WIB
ilustrasi rokok tembakau Ilustrasi rokok (Foto: thinkstock)
Christchurch -

New Zealand ingin menciptakan generasi bebas rokok di masa depan. Pemerintah pun sudah mulai bergerak agar target itu bisa tercapai di 2025.

Untuk itu, pemerintah New Zealand akan memberlakukan larangan menjual rokok kepada mereka yang lahir setelah tahun 2004. Saat ini pemerintah sedang menggodok dan dalam proses finalisasi beberapa proposal kebijakan yang bertujuan menghapus kebiasaan merokok di Negeri Kiwi.


Salah satunya adalah langkah radikal yakni melarang penjualan produk-produk tembakau kepada seluruh generasi. Khususnya yang lahir setelah 2004.

Di bawah program 'Smokefree Aotearoa 2025 Action Plan', New Zealand berharap bisa secara bertahap tapi pasti meningkatkan usia legal warga yang boleh merokok. Inisiatif ini juga bertujuan mengurangi secara signifikan batas kandungan nikotin yang diperbolehkan dalam produk-produk tembakau serta membatasi tempat-tempat yang boleh menjual rokok.

Pemerintah New Zealand pun berencana menaikkan harga minimum produk mengandung tembakau. Dengan langkah-langkah tersebut mereka berharap bisa membuat New Zealand jadi negara bebas rokok beberapa tahun mendatang.

Staf Kementerian Kesehatan Ayesha Verrall menjelaskan kebijakan dibuat mengingat tingginya korban kematian akibat rokok di New Zealand. Seperti dikutip dari The Guardian, sekitar 4.500 warga New Zealand meninggal setiap tahunnya akibat penyakit yang berkaitan dengan konsumsi tembakau.

Ilustrasi RokokIlustrasi Rokok (Foto: iStock)

"Kita perlu pendekatan baru. Bisnis tanpa program pengontrolan tembakau tidak akan membawa kita pada target itu," ujarnya.

Namun program inisiatif ini bukannya tanpa kontroversi. Banyak yang mengritik kebijakan ini dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap para penjual rokok di New Zealand.

Selain itu juga berpotensi menimbulkan penyelundupan tembakau maupun penjualan rokok ilegal. Bagaimana menurutmu?

(dtg/dtg)