9 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami, Efektif Atasi Gatal

Lukita Wardani - wolipop Sabtu, 06 Mar 2021 13:06 WIB
Cara menghilangkan ketombe secara alami. Foto: Getty Images/iStockphoto/Antonio_Diaz Cara menghilangkan ketombe secara alami. Foto: Getty Images/iStockphoto/Antonio_Diaz

8. Lebih Banyak Konsumsi Probiotik

Probiotik adalah jenis bakteri menguntungkan yang baik untuk kesehatan. Ada banyak manfaat probiotik, termasuk perlindungan terhadap alergi, menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan penurunan berat badan.

Probiotik juga dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, yang dapat membantu tubuh melawan infeksi jamur yang menyebabkan ketombe. Faktanya, satu penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi probiotik selama 56 hari secara signifikan mengurangi keparahan ketombe pada 60 orang.

Probiotik juga telah terbukti membantu mengurangi gejala kondisi kulit seperti eksim dan dermatitis, terutama pada bayi dan anak-anak Probiotik tersedia dalam bentuk suplemen untuk dosis yang cepat dan nyaman. Mereka juga bisa ditemukan di berbagai jenis makanan fermentasi, seperti kombucha, kimchi, tempe, sauerkraut dan natto.

9. Gunakan Baking Soda

Cara menghilangkan ketombe secara alami bisa dengan soda kue. Soda kue diyakini bertindak sebagai exfoliant yang lembut untuk mengangkat sel kulit mati dan mengurangi kerak dan gatal-gatal.

Pedoman pengobatan untuk kondisi lain seperti dermatitis atopik juga mencatat bahwa mandi soda kue dapat membantu meredakan rasa gatal. Untuk hasil terbaik, coba oleskan soda kue langsung ke rambut basah dan pijatkan ke kulit kepala kamu. Biarkan selama satu atau dua menit, lalu lanjutkan keramas seperti biasa.

Meskipun ketombe bisa menjadi masalah yang membuat frustrasi, ada banyak cara menghilangkan ketombe secara alami yang dapat mengurangi gejala dan meredakannya. Gunakan cara-cara menghilangkan ketombe ini sendiri atau bersamaan dengan produk yang dijual bebas seperti shampo anti ketombe untuk memaksimalkan efektivitas pengobatan.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(eny/eny)