11 Buah untuk Diet, Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Lukita Wardani - wolipop Jumat, 29 Jan 2021 18:08 WIB
Buah untuk diet menurunkan berat badan. Foto: shutterstock Buah untuk diet menurunkan berat badan. Foto: shutterstock

7. Buah Kiwi

Buah untuk diet menurunkan berat badan selanjutnya adalah kiwi. Buah kiwi sangat padat nutrisi. Kiwi bisa menjadi sumber vitamin C, vitamin E, folat, dan serat yang sangat baik, dan memiliki manfaat kesehatan yang signifikan.

Dalam sebuah penelitian, 41 orang dengan pradiabetes makan dua buah kiwi emas per hari selama 12 minggu. Mereka mengalami kadar vitamin C yang lebih tinggi, penurunan tekanan darah, dan penurunan lingkar pinggang 1,2 inci (3,1 cm).

Kiwi memiliki GI rendah, jadi meskipun mengandung gula, ia dilepaskan lebih lambat - menghasilkan lonjakan gula darah yang lebih kecil (29Trusted Source, 30Trusted Source).

ilustrasi kiwiilustrasi kiwi, buah kaya vitamin bisa untuk diet menurunkan berat badan. Foto: thinkstock

Selain itu, kiwi kaya akan serat makanan. Satu buah kecil yang dikupas (69 gram) memiliki lebih dari 2 gram serat, sedangkan kulitnya sendiri menyediakan 1 gram serat tambahan. Diet tinggi serat dari buah-buahan dan sayuran telah terbukti dapat menurunkan berat badan, meningkatkan rasa kenyang, dan meningkatkan kesehatan usus (33Trusted Source).

Buah Kiwi lembut, manis, dan enak jika dimakan mentah, dikupas, atau tidak dikupas. Kiwi juga bisa dibuat jus, digunakan dalam salad, ditambahkan ke sereal pagi, atau digunakan dalam makanan yang dipanggang.

8. Melon

Melon merupakan buah rendah kalori dan memiliki kandungan air yang tinggi, yang membuatnya sangat ramah bagi penurunan berat badan. Hanya 1 cangkir (150-160 gram) melon atau semangka, bisa memberikan 46-61 kalori.

Two glasses of melon juice with ice and straws, as a background, melons.Buah Melon. Foto: iStock

Meski rendah kalori, melon kaya serat, kalium, dan antioksidan, seperti vitamin C, beta-karoten, dan likopen. Selain itu, mengonsumsi buah-buahan dengan kandungan air tinggi seperti melon dan semangka dapat membantu menurunkan berat badan ekstra.

9. Jeruk

Keranjang buah yang penuh berisi jeruk.Buah jeruk Foto: Sina Weibo/Pik

Buah untuk diet menurunkan berat badan selanjutnya adalah jeruk. Jeruk rendah kalori, namun memiliki vitamin C dan serat tinggi. Mereka juga sangat mengenyangkan. Faktanya, makan jeruk empat kali lebih mengenyangkan dari pada croissant dan dua kali lebih mengenyangkan dari muesli bar.

10. Pisang

Saat mencoba menurunkan berat badan, beberapa orang menghindari pisang karena kandungan gula dan kalorinya yang tinggi. Sementara pisang lebih padat kalori daripada banyak buah lainnya, dan juga lebih padat nutrisi, memasok kalium, magnesium, mangan, serat, banyak antioksidan, dan vitamin A, B6, dan C. Pisang memiliki GI rendah hingga sedang sehingga dapat membantu mengontrol kadar insulin dan mengatur berat badan - terutama untuk orang yang menderita diabetes.

Pisang Pernah Jadi Pemicu Konflik hingga Simbol RasismePisang, buah untuk diet menurunkan berat badan. Foto: Getty Images/iStockphoto/pressdigital

Selain itu, satu penelitian menggambarkan bahwa makan pisang setiap hari mengurangi gula darah dan kolesterol pada orang dengan kolesterol tinggi. Makanan berkualitas tinggi, padat nutrisi, dan rendah kalori seperti pisang sangat penting untuk rencana penurunan berat badan yang sehat.

11. Alpukat

Alpukat adalah buah berlemak padat kalori yang tumbuh di iklim hangat. Setengah buah alpukat (100 gram) mengandung 160 kalori, menjadikannya salah satu buah yang paling padat kalori. Jumlah yang sama menyediakan 25% dari RDI untuk vitamin K dan 20% untuk folat.

Foto Masker Alpukatalpukat buah untuk diet menurunkan berat badan. Foto: thinkstock

Terlepas dari kandungan kalori dan lemaknya yang tinggi, alpukat bisa digolongkan ke dalam buah-buahan untuk menurunkan berat badan. Dalam sebuah penelitian, 61 orang yang kelebihan berat badan mengonsumsi makanan yang mengandung 200 gram alpukat atau 30 gram lemak lainnya (margarin dan minyak). Kedua kelompok mengalami penurunan berat badan yang signifikan, menunjukkan bahwa alpukat adalah pilihan cerdas bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Selain itu, sebuah penelitian tentang pola makan orang Amerika mengungkapkan bahwa orang yang makan alpukat cenderung memiliki pola makan yang lebih sehat, risiko sindrom metabolik yang lebih rendah, dan berat badan yang lebih rendah daripada orang yang tidak memakannya. Alpukat dapat digunakan sebagai pengganti mentega atau margarin pada roti dan roti panggang.

Bagaimana apakah kamu sudah tahu mana dari 11 buah untuk diet menurunkan berat badan di atas yang akan masuk dalam menu harian diet kamu? Selamat mencoba.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(eny/eny)