Tanda-Tanda Penyakit Jantung yang Tidak Disadari Seperti Melisha Idol

Lukita Wardani - wolipop Rabu, 09 Des 2020 13:16 WIB
Foto: Instagram Melisha Sidabutar Foto: Instagram Melisha Sidabutar

8. Berkeringat

Tanda-tanda penyakit jantung yang tidak disadari lainnya adalah muncul keringat dingin tanpa alasan yang jelas. Jika ini terjadi bersamaan dengan gejala lainnya, segera ke rumah sakit dan jangan mencoba mengemudi sendiri.

9. Batuk yang Tidak Berhenti

Dalam banyak kasus, batuk yang tidak berhenti bukanlah pertanda masalah jantung. Tetapi jika kamu memiliki penyakit jantung atau tahu berisiko, perhatikan kemungkinannya.

Jika mengalami batuk yang berlangsung lama dan mengeluarkan lendir berwarna putih atau merah muda, itu bisa menjadi tanda gagal jantung. Ini terjadi ketika jantung tidak dapat memenuhi kebutuhan tubuh, menyebabkan darah bocor kembali ke paru-paru.

10. Kaki dan Pergelangan Kaki Bengkak

Ketika kamu mengalami kaki dan pergelangan kaki bengkak ini bisa jadi pertanda bahwa jantung kamu tidak memompa darah seefektif yang seharusnya. Ketika jantung tidak dapat memompa cukup cepat, darah kembali ke pembuluh darah dan menyebabkan pembengkakan.

Gagal jantung juga dapat mempersulit ginjal untuk mengeluarkan kelebihan air dan natrium dari tubuh, yang dapat menyebabkan pembengkakan.

11. Detak Jantung Tidak Teratur

Normalnya jantung kamu berdetak kencang saat kamu gugup atau bersemangat atau sesekali meloncat. Tetapi jika kamu merasa jantung berdegup kencang lebih dari beberapa detik, atau jika itu sering terjadi, beri tahu dokter. Dalam kebanyakan kasus, ini disebabkan oleh keseharian kamu, seperti terlalu banyak kafein atau kurang tidur. Tapi terkadang, itu bisa menandakan kondisi yang disebut fibrilasi atrium yang membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Itulah tanda-tanda penyakit jantung yang tidak disadari. Meskipun tidak selalu karena penyakit jantung, kamu tetap harus mewaspadainya dan tak ada salahnya memeriksakan diri ke dokter.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(eny/eny)