Jual Gelang 'Anti COVID-19', Wanita di Malaysia Didenda Rp 171 Juta

Hestianingsih - wolipop Senin, 27 Jul 2020 09:57 WIB
Wanita didenda ratusan juta rupiah karena promosikan gelang anti Corona. Wanita didenda ratusan juta rupiah karena promosikan gelang anti Corona. Foto: Facebook/ Info Roadblock JPJ/Polis
Jakarta -

Virus Corona bisa membuat orang berpikir di luar logika dan melakukan segala cara agar terhindari dari COVID-19. Hal ini pun dimanfaatkan oknum-oknum tak bertanggungjawab untuk meraup keuntungan.

Seorang wanita didenda ratusan juta setelah kedapatan mempromosikan gelang 'anti-covid' di Facebook. Wanita asal Malaysia itu dikenai sanksi sebesar RM 50 ribu atau sekitar Rp 171 juta.

Lewat Facebook resminya, Info Roadblock JPJ/POLIS Malaysia mengumumkan bahwa wanita tersebut dinyatakan bersalah karena mempromosikan gelang yang diklaim bisa mencegah penularan COVID-19. Gelang berwarna putih tersebut jadi viral setelah ditampilkan di media sosial dan dikhawatirkan bisa memicu persepsi yang salah tentang pencegahan virus Corona.

Wanita didenda ratusan juta rupiah karena promosikan gelang anti Corona.Wanita didenda ratusan juta rupiah karena promosikan gelang anti Corona. Foto: Facebook/ Info Roadblock JPJ/Polis

Menurut Datuk Iskandar Halim Sulaiman, direktur Kementerian Perdagangan Malaysia, postingan viral itu mengklaim bahwa gelang tersebut bisa mencegah infeksi virus Corona. Gelang pun dijual seharga RM580 atau sekira Rp 1,9 juta.

Wanita yang tampil dalam video itu didenda Rp 171 juta dan jika tidak segera membayarkannya, jumlah denda bisa dilipatgandakan menjadi RM100 ribu atau Rp 342 juta. Namun apabila dia tidak sanggup maka bisa dihukum penjara selama tiga tahun.



Simak Video "Keren! Gelang Kece Ini Terbuat dari Resleting Bekas"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)