30 Kegiatan Sehari-hari dan Urutannya yang Paling Bisa Sebarkan Corona

Vina Oktiani - wolipop Sabtu, 13 Jun 2020 08:00 WIB
Foto: iStock/30 Kegiatan Sehari-hari dan Urutannya yang Paling Bisa Sebarkan Corona Foto: iStock/30 Kegiatan Sehari-hari dan Urutannya yang Paling Bisa Sebarkan Corona

Tingkat Risiko: 6

11. Restoran dalam Ruangan
Restoran dalam ruangan lebih berisiko dibanding di luar ruangan karena pergantian udaranya. Jika ingin makan di restoran dalam ruangan maka carilah meja yang tidak banyak dilalui oleh orang-orang.

12. Taman Bermain
Hampir sama dengan sekolah, cukup sulit menegakkan tindakan pencegahan pada anak-anak. Anak-anak cenderung menyentuh mulut atau bersin dan batuk di permukaan. Sulit untuk membuat anak-anak terpisah sejauh 2 meter. Tapi taman bermain dengan jumlah anak yang sedikit akan lebih kecil risikonya dibandingkan dengan yang ramai.

13. Salon
Tindakan-tindakan yang dilakukan di salon, seperti menggunting, mengecat rambut, atau semacamnya akan membuatnya sulit untuk menerapkan jarak sosial. Untuk mengurangi bahaya penyebaran Corona, setiap orang yang berada di salon harus menggunakan masker.

14. Bioskop
Teater bioskop tidak dirancang untuk mengikuti aturan pencegahan Corona. Jika bioskop kembali dibuka mungkin ada beberapa tindakan pencegahan yang perlu dilakukan, seperti memberi jarak tempat duduk, menggunakan masker, dan membatasi jarak ketika orang lain harus berjalan masuk atau keluar dari bioskop.Menurut para ahli, bioskop di luar ruangan akan jauh lebih baik.

Tingkat Risiko: 5

13. Pesta di Rumah
Mengadakan pesta di dalam rumah akan jauh lebih berisiko dibandingkan dengan di luar rumah. Sulit untuk memisahkan atau memberi jarak antara satu orang dengan orang lainnya, sehingga pesta di dalam rumah menjadi salah satu kegiatan yang berisiko menularkan Corona.

14. Naik Pesawat
Pesawat akan membawa seseorang dengan orang-orang lainnya dalam waktu yang cukup di dalam ruangan yang sama. Itulah mengapa jika orang-orang di dalam pesawat tidak mengenakan masker dengan baik dan benar, risiko terinfeksi virus Corona akan meningkat.

15. Mall
Mall bisa menjadi tempat yang cukup berisiko untuk penyebaran virus Corona. Jika setiap orang menggunakan masker dan mengikuti aturan pencegahan yang berlaku, risikonya mungkin akan menurun.

16. Pantai
Sebenarnya pantai bisa menjadi tempat yang berisiko rendah untuk menyebarkan virus Corona, namun jika pantai itu sepi pengunjung. Namun jika pantai dipadati banyak pengunjung dan para pengunjung tersebut tidak mematuhi aturan pencegahan yang ada maka pantai bisa berisiko tinggi menjadi tempat penyebaran virus Corona.

Tingkat Risiko: 4

17. Dokter Gigi
Menurut Emig, pergi ke dokter gigi di tengah pandemi saat ini bahkan lebih berisiko dibandingkan pergi untuk potong rambut. Namun beberapa ahli mengatakan bahwa pergi ke dokter gigi berisiko rendah.

"Pembersihan gigi memberi aerosol pada apa yang ada di mulutmu. Jika seseorang tanpa sadar memiliki infeksi, virus itu akan menjadi aerosol," kata Emig.

Itulah mengapa saat ini dirinya tidak menyarankan orang-orang untuk pergi ke dokter gigi, kecuali ada masalah serius yang harus segera ditangani.

18. Berjalan di Tempat Ramai
Berjalan di luar sebenarnya berisiko rendah karena berada di luar ruangan dan tidak terlalu lama terpapar dengan orang tertentu. Namun itu jika jalanan yang dilewati sepi. Jika jalanan tersebut sangat ramai, itu bisa menjadi masalah. Segala sesuatu yang berhubungan dengan keramaian saat ini sangatlah tidak disarankan.

19. Kantor
Kantor bisa berisiko lebih rendah jika seluruh karyawannya mengikuti aturan pencegahan dengan benar. Walaupun demikian, para ahli mengatakan bahwa akan tetap lebih aman jika bisa bekerja dari rumah karena berada di dalam ruangan bersama pekerja lainnya selama lebih dari 10 jam bisa mendatangkan risiko yang lebih.

20. Ruang Tunggu Dokter
Saat ini banyak rumah sakit dan tempat praktek dokter sudah mengikuti aturan pencegahan dengan memberi jarak pasien di ruang tunggu atau memperbolehkannya untuk menunggu di kendaraannya. Cara-cara tersebut dapat mengurangi risiko penyebaran COVID-19.

21. Makan di Restoran Luar Ruangan
Makan di restoran luar ruangan jauh lebih aman dibandingkan di dalam ruangan. Sirkulasi udara yang baik dapat membantu menghilangkan virus yang ada di udara.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3