7 Klasifikasi Virus Corona yang Pernah Ada di Dunia

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 23 Apr 2020 05:30 WIB
Klasifikasi virus Corona. Foto: infografis detikHealth Klasifikasi virus Corona. Foto: infografis detikHealth

Virus Corona Lain yang Dapat Menginfeksi Manusia

5. MERS-CoV (beta Coronavirus)
Klasifikasi virus Corona lain yang dapat menginfeksi manusia adalah MERS-CoV. WHO mengatakan bahwa virus tersebut muncul pertama kali pada September 2012 di Arab Saudi. MERS-CoV menyebabkan Middle East Respiratory Syndrome atau MERS. MERS-CoV ditularkan dari unta yang telah terinfeksi ke manusia. Virus ini juga bisa ditularkan dari manusia ke manusia jika melakukan kontak dekat dengan seseorang yang terinfeksi. Pada tahun 2012, sebanyak 27 negara telah melaporkan lebih dari 2.400 kasus MERS.

6. SARS-CoV (beta Coronavirus)
Klasifikasi virus Corona lainnya yang juga dapat menginfeksi manusia adalah SARS-CoV. Seperti yang telah dikatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, kasus infeksi SARS-CoV pada manusia pertama kali muncul di China Selatan pada November 2002. Virus ini dapat menyebabkan sindrom pernapasan akut parah atau yang dikenal dengan SARS. SARS-CoV berasal dari kelalawar yang kemudian ditularkan ke hewan lain sebelum akhirnya menginfeksi manusia.

Dikabarkan selama tahun 2002 hingga 2003 sudah ada 8.000 orang dari 26 negara yang terjangkit SARS. 774 di antaranya dikabarkan meninggal dunia. Saat ini tidak ada kasus infeksi SARS yang dilaporkan di dunia.

7. SARS-CoV-2 atau COVID-19
Klasifikasi virus Corona yang ketujuh adalah yang saat ini masih berlangsung, yaitu COVID-19. SARS-CoV-2 menyebabkan COVID-19. Seperti dikutip dari Healthline, virus Corona baru ini berasal dari Wuhan, China dan pertama kali ditemukan pada Desember 2019 setelah para petugas kesehatan melihat peningkatan kasus pneumonia tanpa penyebab yang jelas.

Kasus tersebut kemudian dikaitkan degan pasar yang menjual makanan laut dan unggas. Kemungkinan besar virus tersebut berevolusi dari hewan, namun sumber pastinya masih belum diketahui. COVID-19 dapat dengan sangat cepat menyebar melalui kontak dari orang yang terinfeksi ke orang lain. Hanya dalam beberapa bulan, virus ini sudah menyebar ke berbagai negara-negara di dunia.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(vio/eny)