Kisah Pesta Ultah Berubah Jadi Malapetaka, 3 Tamu Meninggal Kena Corona

Eny Kartikawati - wolipop Selasa, 14 Apr 2020 16:30 WIB
The boy is requesting blessings on his birthday by having a cake. Foto: iStock
Jakarta -

Pesta ulang tahun yang digelar penuh kebahagiaan di tengah pandemi Corona ini berubah jadi malapetaka. Belasan tamu terinfeksi virus Corona, tiga di antaranya meninggal dunia.

Berbagai media lokal di Brazil memberitakan soal kisah pesta ulang tahun yang berubah jadi bencana ini. Adalah seorang wanita bernama Vera Lucia Pereira yang menggelar pesta untuk ulang tahunnya yang ke-59.

Seperti dikutip dari El Caso, pesta ulang tahun Vera digelar pada awal Maret 2020 di Sao Paulo, Brasil. Dia mengundang setidaknya 28 orang tamu, termasuk keluarganya, untuk merayakan ulang tahunnya di halaman belakang rumahnya.

Vera sebenarnya sempat ragu untuk menggelar pesta ulang tahun di tengah Corona. Pada hari pesta, 13 Maret, Kementerian Kesehatan Brasil memastikan ada 98 kasus, dan 56 di antaranya di Sao Paulo.

"Kami ragu, tapi memutuskan untuk lanjut karena belum banyak kasus virus corona di negeri kami," katanya kepada BBC News Brasil.

Pesta ulang tahun saat coronaPesta ulang tahun saat corona Foto: Dok. BBC/Arsip Keluarga

Keputusan Vera untuk melanjutkan rencananya ini bisa jadi kini disesalinya. Berdasarkan laporan terbaru, 14 anggota keluarga yang hadir di pesta ulang tahun tersebut dinyatakan terinfeksi COVID-19. Lebih mengenaskannya, tiga di antara mereka meninggal dunia. Dan salah satu dari tamu pesta yang meninggal itu adalah suami Vera sendiri, Paulo Pereira.

Malapetaka dari pesta ulang tahun Vera ini dimulai beberapa hari setelah acara yang penuh kebahagiaan itu. Sejumlah anggota keluarga yang hadir menunjukkan gejala terinfeksi virus Corona. Menurut perkiraan keluarga, setengah dari yang hadir di pesta menunjukkan gejala sakit beberapa hari sesudahnya.

Awalnya, Vera dan keluarga tak percaya mereka terpapar virus corona. "Baru sedikit kasusnya di Brasil, jadi kami pikir kami aman," kata Vera seperti dikutip BBC Indonesia.

Vera juga meyakini tak ada anggota keluarga yang memperlihatkan gejala Corona saat pesta. Jadi dia juga tak tahu siapa yang pertama kali terinfeksi.

"Menemukannya sekarang tak akan mengubah apa-apa," ujarnya.

Vera mengalami kesedihan dan penyesalan luar biasa karena suaminya, Paulo, juga meninggal karena Virus Corona setelah pesta ulang tahun tersebut. Dia tak menyangka Paulo meninggalkannya untuk selamanya. Hal itu karena sang suami paling sehat di antara saudara-saudaranya. Ia berolahraga setiap hari, dan sering bersepeda dan hiking. Ketika masuk rumah sakit, kesehatannya dianggap baik, hanya sedikit tersengal-sengal.

"Dua hari kemudian kondisinya memburuk dan ia dirawat di unit perawatan intensif (ICU)," kata Vera.

Kini semua orang yang hadir di pesta ulang tahunnya melakukan isolasi diri. Vera Lucia Pereira yang berulang tahun, juga meminta orang merawat diri dan tinggal di rumah. Dan Vera kini ia harus hidup tanpa suaminya.

"Kami harus terus hidup. Kami tak mau keluarga lain mengalami seperti apa yang kami alami," ucapnya sedih.



Simak Video "5 Tips Aman ala dr Reisa agar Terhindar COVID-19 Saat Terima Paket"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)