10 Ciri-ciri Terkena Virus Corona, Ada yang Baru

Vina Oktiani - wolipop Selasa, 14 Apr 2020 14:14 WIB
Ciri-ciri Terkena Virus Corona. Foto: BBC Karangan Khas Ciri-ciri Terkena Virus Corona. Foto: BBC Karangan Khas

7. Mata Merah Muda

Ciri-ciri terkena virus Corona yang ketujuh adalah mata merah muda. Berdasarkan penelitian dari China, Korea Selatan, dan negara lainnya menunjukkan bahwa sekitar satu hingga tiga persen pasien positif COVID-19 juga menderita konjungtivitis atau yang lebih sering disebut mata merah muda.

Konjungtivitis adalah peradangan pada lapisan jaringan yang tipis dan transparan, yang disebut konjungtiva, yang menutupi bagian putih mata dan bagian dalam kelopak mata. Kondisi ini bisa sangat menular jika disebabkan oleh virus.

SARS-CoV-2 hanyalah salah satu dari banyak virus yang dapat menyebabkan konjungtivitis, sehingga para ilmuwan tidak terkejut bahwa virus yang baru ditemukan ini juga akan melakukan hal yang sama. Mata merah muda memang tidak selalu menjadi pertanda infeksi COVID-19, namun hal itu bisa menjadi tanda bahwa kamu perlu berkonsultasi dengan dokter, terutama jika kamu memiliki ciri-ciri terkena virus Corona lainnya, seperti batuk, demam, atau sesak napas.

8. Kehilangan Bau dan Rasa

Ciri-ciri terkena virus Corona yang kedelapan adalah kehilangan bau dan rasa. Pada kasus COVID-19 yang ringan hingga sedang, hilangnya kemampuan untuk mencium bau dan mengecap rasa bisa muncul sebagai salah satu tanda awal COVID-19 yang paling tidak biasa.

"Apa yang disebut anosmia, yang pada dasarnya berarti kehilangan penciuman, tampaknya merupakan gejala yang dikembangkan oleh sejumlah pasien," kata Dr. Sanjay.

Sebuah analisis terbaru terhadap kasus-kasus ringan di Korea Selatan menemukan gejala utama pada 30% pasien adalah hilangnya penciuman. Di Jerman, lebih dari dua dari tiga kasus yang dikonfirmasi menderita anosmia.

"Anosmia, khususnya, telah terlihat pada pasien yang akhirnya dites positif untuk virus korona tanpa gejala lain," menurut American Academy of Otolaryngology-Head and Neck Surgery.

9. Kelelahan

Ciri-ciri terkena virus Corona yang kesembilan adalah kelelahan. Bagi beberapa orang, rasa lelah yang ekstrem bisa menjadi tanda awal terinfeksi COVID-19. WHO menemukan hampir 40% dari sekitar 6 ribu orang yang terinfeksi COVID-19 mengalami kelelahan. Kelelahan tersebut masih dapat berlanjut sekalipun virus telah hilang. Menurut laporan dari pasien COVID-19 yang telah sembuh, kelelahan dan kekurangan energi terus berlanjut melewati masa pemulihan standar beberapa minggu.

10. Sakit Kepala, Sakit Tenggorokan, Hidung Tersumbat

Ciri-ciri terkena virus Corona yang terakhir adalah merasakan sakit kepala, sakit tenggorokan, dan hidung tersumbat. WHO menemukan sebanyak 14% dari 6 ribu kasus COVID-19 di China memiliki gejala berupa sakit kepala dan sakit tenggorokan. Sementara sekitar 5% lainnya merasakan hidung tersumbat. Ciri-ciri terkena virus Corona ini jelas sangat mirip dengan flu. Faktanya sendiri memang ada banyak gejala COVID-19 yang menyerupai flu, pilek, atau alergi.

Itulah 10 ciri-ciri terkena virus Corona yang perlu kamu tahu. Agar kita semua bisa terhindar maka kita perlu menjalankan protokol pencegahan dengan menjaga kebersihan, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air atau hand sanitizer, menggunakan masker ketika bepergian ke luar rumah, serta melakukan isolasi diri. Selain itu, jangan pernah menyentuh wajah dengan tangan yang kotor atau belum dicuci.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(vio/eny)