Gentle Birth : Manfaat dan Tips Saat Melahirkan di Rumah

Tri Suharyati - wolipop Kamis, 09 Apr 2020 19:31 WIB
ilustrasi water birth Persalinan Gentle Birth. Foto: iStock
Jakarta -

Setiap Ibu yang akan melahirkan buah hati tentu akan merasa senang sekaligus takut dan panik. Namun pada metode gentle birth ini, proses melahirkan bisa berdampak baik bagi ibu dan bayi.

Gentle Birth adalah persalinan yang dilakukan secara nyaman, tenang, lembut, santun, dan memanfaatkan semua unsur alami dalam tubuh. Proses melahirkan ini mempercayai bahwa setiap perempuan memiliki potensi melahirkan selamiah mungkin.

Proses persalinan menggunakan metode gentle birth ini bisa dilakukan di rumah, namun tetap dalam pengawasan bidan dan tenaga medis. Saat melakukan metode gentle birth ini, ibu akan mendapatkan banyak manfaat seperti lebih tenang, tidak panik, rasa sakit berkurang dan penuh kasih sayang.

Berbeda jika di rumah sakit yang penuh keramaian dan kepanikan tersendiri. Rasa sakit yang dialami dengan metode gentle birth juga lebih minim dibandingkan dengan proses persalinan di rumah sakit karena Ibu tidak dipaksa untuk mengeluarkan bayi seperti biasanya, semua dilakukan dengan tenang.

Biasanya proses persalinan gentle birth ini dilakukan dalam kolam kosong atau bisa juga dengan air yang disebut dengan water birth.

Tidak sedikit pula artis Indonesia yang melakukan metode persalinan gentle birth ini untuk menyambut sang buah hati. Mereka juga mengatakan dengan metode ini, mereka merasa nyaman, tenang dan penuh cinta ditemani orang terdekat.

Namun, ada beberapa tips yang harus ibu lakukan saat proses persalinan gentle birth:

1. Mempelajari Gentle Birth

Jika ibu ingin melakukan metode gentle birth ada baiknya kamu mempelajari lebih dalam tentang getle birth. Guna mempelajari metode ini agar tidak salah mengambil tindakan selama proses persalinan.

2. Persiapkan Diri

Ibu juga harus mempersiapkan dirinya mulai dari mental dan fisik. Selama mengandung ada baiknya ibu melakukan hal yang bisa mempermudah proses persalinan, seperti memijat dan olahraga untuk hamil. Dengan begitu proses persalinan akan lebih mudah dilakukan.

3. Persiapkan Segala Perlengkapan

Persiapan perlengkapan pun diperlukan layaknya melahirkan di rumah sakit. Yang paling dibutuhkan saat melakukan metode gentle birth adalah tempat yang nyaman. Ibu bisa gunakan pool/kolam kosong atau bisa diisi dengan air jika ingin menggunakan metode water birth.

4. Tetap Dalam Pengawasan Tenaga Medis

Hal ini paling penting, walaupun Ibu melakukan proses persalinan di rumah, harus dan tetap dalam pengawasan Bidan ahli dan tenaga medis. Adanya mereka bisa membantu Ibu dalam proses persalinan gentle birth ini. Usahakan juga ketika bayi lahir langsung ditangkap dan berada pada pelukan Ibu.



Simak Video "Antusiasme 12 Asdos Bareng Maudy Ayunda di d'Youthizen"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)