Pentingnya Mandi Pukul 8.30 Malam Demi Mendapat Tidur Nyenyak

Kiki Oktaviani - wolipop Rabu, 29 Jan 2020 19:30 WIB
Girl lying down on the bed and  sleeping in the morning Ilustrasi wanita tidur. Foto: iStock
Jakarta -

Tidur menjadi elemen penting dalam kesehatan fisik dan mental. Sayangnya, di tengah kesibukan dan stres, terkadang sulit untuk mendapatkan waktu tidur yang direkomendasikan yakni delapan jam. Dari hasil survei di Inggris, bahkan setengah responden hanya tidur enam jam, bahkan kurang.

Harus disadari bahwa kurang tidur memberikan efek bahaya bagi kesehatan. Tidak mendapatkan tidur yang cukup meningkatkan risiko obesitas hingga diabetes.

Tak hanya fisik, ketika seseorang kurang tidur pun akan berpengaruh pada mental yang memicu lebih mudah stres hingga depresi. Dalam sebuah studi, bahkan meningkatkan risiko kematian dini sebanyak 12%.


Sebuah penelitian di Amerika Serikat menemukan solusi untuk tidur nyenyak, yakni dengan mandi air hangat sebelum tidur. Seperti dikutip dari Women Health, dalam penelitian tersebut mengungkapkan bahwa mandi air hangat 90 menit sebelum tidur mampu membuat 50% responden tidur lebih cepat dan terlelap dalam waktu 15 menit.

Air hangat memberikan manfaat kesehatan, seperti melebarkan pembuluh darah, meningkatkan kemampuan kulit untuk melepaskan panas tubuh. Ketika suhu tubuh berkurang, maka proses tidur akan lebih mudah.


Dengan mandi 90 menit sebelum tidur, itu artinya disarankan untuk mandi sekitar pukul 8.30 pm. Hal tersebut karena, waktu terbaik untuk tidur adalah pukul 10pm, sehingga memungkinkan seseorang untuk bisa tidur tujuh hingga delapan jam.



Simak Video "Kerennya Lampu Cantik Paduan Akrilik dan Limbah Kayu"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/hst)