Alasan Ilmiah Toilet Wanita Selalu Antre Lebih Panjang Dibandingkan Pria

Vina Oktiani - wolipop Sabtu, 04 Jan 2020 08:00 WIB
Antrean toilet wanita sering lebih panjang dibandingkan pria. Foto: Dok. iStock
Jakarta - Di tempat-tempat umum pasti kamu sering melihat antrean panjang toilet wanita, namun tidak demikian di toilet pria. Anggapan yang beredar di masyarakat adalah karena wanita menghabiskan waktu terlalu lama untuk berdandan dan mengobrol di dalam toilet. Padahal faktanya, hal itu bukanlah faktor mengapa toilet wanita lebih antre daripada toilet pria.

Seperti dilansir dari video yang diunggah oleh Insider di Twitter pada Selasa (31/12/2019), toilet umum wanita antreannya bisa jauh lebih panjang dibandingkan toilet umum pria karena beberapa faktor dan bukan karena wanita asyik ngobrol atau dandan di toilet. Lalu, apa penyebabnya?

Pertama, karena wanita mengalami menstruasi, sehingga membutuhkan waktu sedikit lebih lama berada di dalam toilet. Kedua, karena wanita seringkali mengenakan pakaian yang lebih banyak, sehingga dibutuhkan waktu ekstra untuk melepas dan memakainya kembali.



Alasan Ilmiah Toilet Wanita Selalu Antre Lebih Panjang Dibandingkan PriaFoto: Dok. iStock


Selain itu juga terdapat beberapa faktor lainnya, seperti, wanita yang membawa anak kecil ataupun orangtua yang lanjut usia bersamanya. Inilah mengapa toilet wanita seringkali terlihat memiliki antrean yang jauh lebih panjang dibandingkan toilet pria.

Sebenarnya, kebanyakan toilet umum wanita dan pria telah dibangun dengan luas yang sama, ratio 1:1. Namun karena pria bisa membuang air kecil di bilik yang lebih kecil, seperti dengan menggunakan kloset berdiri, maka toilet umum pria bisa memiliki lebih banyak bilik dibandingkan toilet umum wanita.

Untuk membuktikan apakah hal itu menjadi salah satu faktor mengapa toilet umum wanita selalu memiliki antrean panjang, para ahli dari Ghent University, Wouter Rougiest dan Kurt Van Hautegem, membuat model toilet umum yang memiliki ukuran sama untuk masing-masing bilik dari toilet pria dan wanita. Wanita memiliki 10 bilik kamar mandi, sedangkan pria memiliki 12 bilik kamar mandi. Setelahnya, kedua ahli tersebut menghitung lamanya pria maupun wanita berada di dalam toilet.

Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa rata-rata wanita menggunakan toilet selama enam menit, sedangkan pria hanya sekitar 11 detik. Oleh karena itu, idealnya toilet perempuan setidaknya memiliki 50% bilik lebih banyak dibandingkan dengan toilet pria. Ini adalah satu-satunya cara untuk mencegah antrean panjang di toilet wanita. Karena jika tidak, wanita yang menahan pipis terlalu lama bisa berisiko terkena berbagai masalah kesehatan, seperti infeksi saluran kencing dan penyakit lainnya.

Simak Video "Ramai Video Tisu Toilet Marks & Spencer Berlafadz Allah"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)