Brad Pitt Ngaku Tak Menangis Sejak 20 Tahun Lalu, Hati-hati Bisa Picu Depresi

Kiki Oktaviani - wolipop Kamis, 05 Des 2019 11:41 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Menangis bagi pria seperti sesuatu yang tabu. 'Real men don't cry', kadang prinsip tersebut dipegang teguh oleh pria. Padahal, penelitian menyebut bahwa menangis menjadi adalah cara bagi tubuh untuk melepaskan racun dari tubuh. Jika terus menahan tangisan, maka bisa memicu berbagai masalah kesehatan, bahkan depresi.

Salah satu pria yang memegang prinsip 'pria tidak menangis' adalah Brad Pitt. Dalam wawancaranya dengan Anthony Hopkins, mantan suami Angelina Jolie itu mengaku tidak pernah menangis selama 20 tahun.



"Aku tak pernah menangis, sepertinya sudah 20 tahun dan sekarang aku mengetahui diriku, di tahapan ini, sudah mulai (mudah) tergerak," ujarnya.

Brad Pitt Ngaku Tak Menangis Sejak 20 Tahun Lalu, Hati-hati Bisa Picu DepresiFoto: dok. Getty Images


Setelah menahan emosinya selama puluhan tahun, Brad Pitt mengaku kini menjadi lebih sensitif. Emosinya mudah terpancing karena anak-anaknya, rekan hingga berita-berita yang dibacanya.

Seperti dikutip Psychology Today, melalui perspektif fisiologis, saat orang mengalami stres ada peningkatan hormon adrenokortikotropik (ACTH). Seiring berjalannya waktu akan meningkat, dan menyebabkan lebih banyak stres yang menuntut untuk dilepaskan.

"Saat kamu menangis, itu sebuah tanda bahwa kamu butuh mengatasi sesuatu," ujar Dr. Jodi DeLuca, seorang neuropsikolog di rumah sakit Tampa di Florida, AS.

Ketika air mata ditahan maka meningkatnya gejala fisik atau yang dikenal secara klinis sebagai gangguan somatoform. Gangguan tersebut adalah masalah psikologis/relasional yang memanifestasikan diri sebagai gejala fisik. Gangguan somatoform kerap terjadi dalam budaya keluarga di Asia.



Gangguan tersebut bisa mempengaruhi berbagai organ tubuh. Pasien dengan gangguan somatoform biasanya mengeluhkan nyeri otot, penyakit lambung hingga gangguan seksual.

Menahan emosi juga bisa memicu berbagai masalah kecanduan hingga isu kesehatan mental. Mulai dari kecanduan alkohol, obat-obatan terlarang, ganja, masalah gangguan makan, kecemasan hingga depresi.

Simak Video "Pose Para Selebriti di Red Carpet Golden Globe Awards 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)