Segera Nikah, Puteri Indonesia Bunga Jelitha Bicara Pentingnya Vaksin HPV

Anggi Mayasari - wolipop Selasa, 26 Nov 2019 14:31 WIB
Bunga Jelitha Ibrani dan Syamsir Alam. Foto: Anggi Mayasari / Wolipop
Jakarta - Puteri Indonesia 2017 Bunga Jelitha Ibrani tengah mempersiapkan pernikahannya bersama pemain sepakbola Syamsir Alam. Selain mempersiapkan mental ada beberapa hal yang perlu dilakukan termasuk kesehatan sebelum menikah.

Bunga pun mengungkapkan pentingnya beberapa tes kesehatan yang harus dilakukan sebelum nikah. Salah satunya adalah vaksin HPV untuk mencegah kanker serviks.

"Saya sudah tiga kali vaksin HPV. Cek kesehatan sebelum nikah, saya baru tahu ketika mengurus surat nikah itu ternyata ada tes kesehatan, saya disuntik, cek darah juga. Jadi kita berdua memang sudah aware," kata Bunga di acara Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS) bersama Halodoc dalam kampanye #SehatSebelumNikah di Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (26/11/2019).



"Penting sekali karena ini kan menyangkut keluarga, orang yang kita cintai. Kita juga nggak mau terkena kanker serviks. Ini kan bisa dicegah dengan vaksin, jadi kalau sudah kena itu sangat susah sekali untuk disembuhkan," imbuhnya

Miss Universe Indonesia 2017 ini pun menambahkan bahwa kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang bisa dicegah. Bunga pun mengupayakan dan menghimbau orang lain agar lebih peduli tentang kesehatan reproduksi, termasuk pria yang juga perlu untuk melakukan vaksin HPV.

"Saya dan Alam di sini untuk mengkampanyekan. Memang suka banget banyak orang yang bilang ngapain sih laki-laki di suntik juga, ya ini kan untuk menghilangkan mindset itu, karena vaksin ini juga penting untuk pria," jelas Bunga.



Menurut dokter Venita Eng, vaksin HPV memang dikenal sebagai upaya pencegahan kanker serviks pada perempuan. Namun, vaksin HPV sebenarnya juga dapat melindungi laki-laki dari beragam potensi penyakit yang muncul akibat virus HPV

"Peran pria bukan hanya pembawa tapi terinfeksi juga. Efeknya bisa menyebabkan kanker pada laki-laki, kanker mulut, kanker anus dan kanker kelamin. Pria bisa terinfeksi dan dia juga bisa pembawa. Jadi vaksin ini untuk proteksi laki-laki pun akan mendapatkan kesehatan, penting. Targetnya adalah perempuan dan laki-laki," terang Venita.




Sementara itu, kekasih Bunga, Syamsir Alam pun berpendapat bahwa vaksin HPV memang harus dilakukan juga untuk pria. Hal tersebut menjadi salah satu investasi untuk membina keluarga yang sehat.

"Saya juga awalnya tahu itu lebih ke perempuan ternyata laki-laki bisa menularkan. Saya juga nggak mau menularkan ke orang yang saya cinta.
Karena ini satu-satunya kanker yang bisa dicegah, menurut saya mencegah lebih baik daripada mengobati. Kalau punya kesempatan untuk mencegah ya kenapa enggak. Ini sama aja kayak investasi kita," ujar Syamsir. (agm/eny)