Penelitian Ungkap Polusi Udara Juga Bisa Sebabkan Rambut Rontok

Kiki Oktaviani - wolipop Minggu, 20 Okt 2019 07:08 WIB
Penyebab rambut rontok: polusi udara. Foto: iStock Penyebab rambut rontok: polusi udara. Foto: iStock

Jakarta - Polusi udara tak hanya mempengaruhi kualitas udara dan air, namun juga berdampak pada kesehatan. Tak hanya itu, dalam studi terbaru disebutkan bahwa polusi udara juga memicu kerontokan rambut.

Untuk mempelajari hal tersebut, tim peneliti mengekspos folikel rambut dengan berbagai level debu dan emisi kendaraan diesel selama 24 jam. Setelah itu, mereka mengukur level protein di dalam sel dan ditemukan bahwa kedua jenis polusi itu menurunkan tingkat protein yang bertanggung jawab pada pertumbuhan rambut.

Dengan kata lain, tim peneliti menemukan bahwa polusi udara menghilangkan protein yang memicu pertumbuhan folikel yang bisa menyebabkan rambut rontok.



"Tim peneliti menemukan bahwa ketika sel pada kulit kepala terpapar dengan polusi udara yang ditimbulkan dari bahan bakar, protein pada sel yang bekerja untuk pertumbuhan rambut dan retensi rambut secara signifikan berkurang," ungkap kepala peneliti Hyuk Chul Kwon, seperti dikutip dari Allure.

Meski penemuan ini menarik, menurut pakar rambut Michelle Blaisure mengatakan bahwa tidak perlu khawatir karena dalam tubuh manusia ada banyak variabel yang berperan. Salah satu variabelnya adalah kulit.

"Kulit dalah penghalang yang dirancang untuk melindungi dari berbagai hal buruk dari luar," ujar Blaisure.



Blaisure mengatakan, di sinilah produk pembersih rambut berperan. "Sangat penting untuk rutin keramas dengan shampo dan menggunakan produk eksfoliasi rambut untuk membersihkan kulit kepala dari racun dan polusi," saran Blaisure.

Belakangan ini dirilis berbagai produk eksfoliasi untuk kulit kepala. Beberapa di antaranya adalah produk dari scrub kepala dari Ouai yang bisa dibeli di Sephora, Kiehls Deep Scalp Treatment dan L'Oreal Exfoliating Scrub.



Simak Video "Toni-Ann Singh, Pemenang Miss World 2019 dari Jamaica"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)