Banyak Wanita Percaya Mitos Pasta Gigi Bikin Vagina Kencang, Ini Bahayanya

Hestianingsih - wolipop Kamis, 17 Okt 2019 17:11 WIB
Ilustrasi wanita memakai pasta gigi. Foto: iStock Ilustrasi wanita memakai pasta gigi. Foto: iStock

Jakarta - Banyak beredar mitos tentang cara-cara mengencangkan vagina yang kendur. Mitos terbaru, adalah dengan memasukkan pasta gigi ke dalam organ intim mereka.

Cara ini dipercaya bisa membuat vagina kembali kencang. Hal yang mengejutkan, beberapa wanita percaya kalau cara tersebut benar-benar bisa membuat Miss V kembali 'perawan'.

Tidak jelas dari mana mitos ini berasal dan siapa yang pertama kali menyebarkannya. Keberadaan media sosial diduga menjadi salah satu penyebab kenapa metode ini sempat populer.

Banyak Wanita Percaya Mitos Pasta Gigi Bikin Vagina Kencang, Ini BahayanyaFoto: iStock

Ide menggunakan pasta gigi untuk mengencangkan vagina ini tentu saja ditentang para pakar kesehatan. Dokter kandungan Vanessa Mackay sudah menegaskan bahwa cara itu hanyalah mitos belaka.

"Pasta gigi bisa mengencangkan vagina itu mitos. Memasukkan pasta gigi ke vagina atau vulva (bibir vagina) bukan hanya membuatmu tidak nyaman tapi juga bisa menyebabkan kerusakan serius," jelas Vanessa, seperti dikutip dari The Sun.

Dia juga menambahkan kandungan pasta gigi bisa mengganggu ekosistem flora pada vagina yang memicu infeksi seperti bacterial vaginosis (penyakit vagina yang disebabkan banyaknya bakteri) dan peradangan. Selain itu juga ada beberapa jenis pasta gigi mengandung partikel kecil yang bisa mengelupaskan kulit dan bersifat terlalu abrasif untuk dinding vagina. Akibatnya, Miss V bisa mengalami iritasi.


Dokter Oluwole Yusuf asal Nigeria, yang melihat sendiri para wanita di negaranya terobsesi memiliki vagina kencang dengan mengoleskan pasta gigi, mengatakan praktik tersebut juga berpotensi mengakibatkan kemandulan. Meskipun masih diperlukan penelitian yang lebih komprehensif, menurutnya kekhawatiran itu bisa saja terjadi.
Banyak Wanita Percaya Mitos Pasta Gigi Bikin Vagina Kencang, Ini BahayanyaFoto: Thinkstock

"Pasta gigi itu kan pedas dan terlalu keras untuk area tubuh yang sensitif seperti vagina. Memakainya bisa merusak organisme yang bertugas melindungi vagina dari infeksi. Ketika vagina tak bisa melindungi dirinya sendiri, tubuh secara keseluruhan jadi rentan terkena infeksi dan dalam jangka panjang merusak tuba falopi sehingga menghalangi kesempatan wanita untuk hamil," paparnya.

Dia pun mengingatkan para wanita agar percaya diri dengan apapun kondisi tubuhnya. Sebab organ intim setiap wanita unik dan tidak ada yang sama.


Jika memang ingin mengencangkan vagina, ada cara lebih aman yang bisa dilakukan. Metode paling mudah diikuti adalah dengan latihan yoga, pilates dan kegel yang fokus pada gerakan otot pinggul, perut serta pelvis.

Langkah terakhir yang cukup ekstrem adalah dengan operasi vagina. Labiaplasty atau operasi mempercantik bibir vagina bisa dilakukan bagi mereka yang punya biaya lebih dan memiliki persyaratan cukup untuk melakukan pembedahan. Namun perlu diingat bahwa olahraga fisik, senam maupun operasi tidak akan mengembalikan penampilan vagina persis seperti saat wanita masih perawan.

Simak Video "Perawatan Miss V ala Seleb Cantik Hollywood"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)