7 Cara Mengatasi Rambut Rontok, dari Lidah Buaya hingga Alpukat

Niken Widya Yunita - wolipop Kamis, 10 Okt 2019 19:01 WIB
7 Cara Mengatasi Rambut Rontok, dari Lidah Buaya hingga Alpukat/Foto: iStock 7 Cara Mengatasi Rambut Rontok, dari Lidah Buaya hingga Alpukat/Foto: iStock

Jakarta - Memiliki rambut yang mudah rontok membuat kita menjadi tidak nyaman. Lalu bagaimana cara mengatasi rambut rontok?

Bangun tidur rambut menjadi rontok. Usai keramas, rambut pun menjadi rontok. Rontoknya rambut pun tidak sedikit. Hal ini membuat rambut yang tebal menjadi tipis dan bisa-bisa botak.

Penyebab rambut rontok pada pria atau wanita antara lain karena stres, kurang vitamin, atau penyakit tertentu, dan kulit kepala yang tidak sehat. Biasanya pada wanita yang berjilbab karena menggunakan hijab saat rambut basah. Penting juga untuk memakai jilbab yang menyerap keringat.

Karena itu, cara mengatasi rambut rontok dengan bahan alami berikut ini perlu disimak.



1. Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal dapat mengatasi rambut rontok berlebihan dan mencegah kebotakan. Caranya usapkan lendir pada bagian daging lidah buaya pada rambut dan kulit kepala yang setengah kering. Biarkan selama 15 hingga 20 menit. Agar hasil optimal, lakukan hal ini 2 hingga 3 kali seminggu.

2. Kemiri

Kemiri juga dapat mengatasi rambut rontok. Kandungan minyak kemiri dapat membuat akar rambut menjadi lebih kuat dan mampu merangsang rambut untuk tumbuh pada bagian kulit kepala.

Cara mengatasi rambut rontok menggunakan kemiri yakni dengan menyangrai kemiri yang sudah ditumbuk kasar. Setelah disangrai kemudian tumbuk sampai halus dan mengeluarkan minyak.

Usapkan minyak kemiri tersebut pada rambut. Kemudian keramas dengan sampo agar rambut kamu bersih.

3. Minyak Kelapa

Cara mengatasi rambut rontok berikutnya yakni minyak kelapa. Minyak kelapa dipercaya dapat mengurangi rambut rontok. Penyebab rambut rontok antara lain karena kulit kepala yang rusak akibat kekeringan.

Caranya oleskan minyak kelapa ke akar rambutmu. Diamkan selama 10 menit lalu bilas hingga bersih.

4. Teh Hijau

Teh hijau cocok untuk mengatasi rambut rontok dan ketombe. Caranya seduh teh hijau dengan air hangat dan pakai saat kepala basah. Kemudian diamkan sekitar 1 jam dan bilas.

5. Jeruk Nipis

Jeruk nips dapat mencegah rambut rontok. Caranya potong jeruk dan oleskan pada kulit kepala selama kurang lebih satu jam. Kemudian bilas sampai bersih.



6. Bawang Putih

Bawang putih dipercaya dapat menumbuhkan rambut rontok secara alami. Caranya siapkan satu siung bawang putih lalu haluskan. Oleskan pada kulit kepala selama beberapa menit lalu bilas.

7. Alpukat

Cara mengatasi rambut rontok berikutnya yakni alpukat. Alpukat nyak mengandung protein alami dan bagus untuk rambut dan kulit kepala.

Cara mengatasi rambut rontok dengan alpukat yakni hancurkan alpukat sampai halus. Kemudian oleskan pada kepala dan seluruh rambut.






Simak Video "Saat Api Menari Mengikuti Alunan Musik"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)