Memahami Kondisi Psikologis Wanita yang Alami Stillbirth Seperti Irish Bella

Eny Kartikawati - wolipop Senin, 07 Okt 2019 12:36 WIB
Foto: instagram @dierabachir Foto: instagram @dierabachir

Jakarta - Irish Bella harus merelakan kepergian bayi kembarnya yang meninggal dalam kandungan. Manajer sang artis mengonfirmasi kondisi Irish kini baik-baik saja.

"Pokoknya Irishnya baik-baik aja. Nggak gimana-gimana," ujar manajer saat dihubungi detikcom.

"Maksudnya dia baik-baik aja sih stabil. Tetap sadar terus udah terima juga. Nggak terlalu drop yang gimana-gimana, memang yaudah gitu," lanjutnya.

Secara fisik terlihat baik-baik saja, wanita yang mengalami stillbirth seperti Irish Bella tidak sepenuhnya baik secara psikis. Stillbirth merupakan kondisi di mana bayi meninggal dalam kandungan.



Irish Bella mengalami stillbirth di mana bayi kembarnya meninggal dalam kandungan.Irish Bella mengalami stillbirth di mana bayi kembarnya meninggal dalam kandungan. Foto: instagram dierabachir


Seperti dikutip dari Medical Expres, diperkirakan 60 - 70% ibu yang mengalami stillbirth akan melalui rasa duka atau bahkan depresi paling tidak selama setahun setelah meninggalnya bayi. The Mater Research Institute - UQ Stillbirth Centre's Associate Professor Fran Boyle mengungkapkan stillbirth dan meninggalnya bayi saat baru lahir menimbulkan efek psikologis dan emosional yang luar biasa bukan hanya untuk ibu tapi juga sang ayah.

National Health Service di Inggris menambahkan banyak ibu melaporkan mereka menyimpan perasaan bersalah setelah mengalami stillbirth. Mereka juga menderita depresi atau PTSD (post-traumatic stress disorder). Para pakar pun menyarankan ibu yang melalui stillbirth perlu mendapatkan pendampingan dari orang-orang yang tepat. Disarankan juga untuk memiliki kelompok atau teman pendukung sebagai sarana untuk berbagi cerita saat kesedihan dirasakan.

Selain rasa sedih yang mendalam, para ibu yang mengalami stillbirth juga harus merasakan perubahan fisik dalam tubuh mereka. Apalagi jika sang ibu mengalami stillbirth saat usia kandungan sudah cukup besar. Perubahan fisik yang harus dihadapi itu di antaranya:

- Keluarnya ASI
- Merasakan kontraksi rahim
- Merasakan nyeri akibat jahitan
- Mengalami pendarahan.




Simak Video "Saat Api Menari Mengikuti Alunan Musik"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)