Kisah Inspiratif Wanita yang Bertahan Hidup Meski Alami Pikun Sejak 6 Tahun

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 28 Agu 2019 10:30 WIB
Foto: Facebook/Seven Network Foto: Facebook/Seven Network

Jakarta - Demensia ternyata bukan hanya bisa dialami orang tua tapi juga anak-anak. Seorang wanita bernama Jessica Sheehan bahkan telah menderita penyakit tersebut sejak umur enam tahun. Termasuk kondisi berbahaya untuk anak kecil, dokter sempat memberi prognosis bahwa ia tidak akan bertahan hingga masa remaja. Namun Jessica melawan prediksi tersebut karena baru saja merayakan ulang tahun ke-21.

Saat usia delapan tahun, Jessica didiagnosa Niemann-Pick type C (NPC) yakni kondisi genetik langka yang menyebabkan gejala-gejala dementia seperti kehilangan memori, berbicara melantur, dan kesulitan melakukan kegiatan sehari-hari. Ketika itu, dokter pun memprediksi jika ia hanya memiliki harapan hidup hingga usia 16 tahun. Namun kenyataannya, Jessica masih sehat hingga sekarang.

"Kami mendapat prediksi bahwa aku tidak akan hidup hingga usia 16 tahun tapi aku di sini sekarang berusia 21, jadi aku membuktikan mereka salah," ungkapnya di acara Today Tonight.

Jessica Sheehan alami demensia sejak berusia 6 tahunJessica Sheehan alami demensia sejak berusia 6 tahun Foto: Facebook/Seven Network


Kesuksesannya dalam bertahan hidup tentu tak lepas dari pengobatan. Jessica adalah salah satu dari 50 orang di dunia yang berpartisipasi dalam percobaan obat untuk menghentikan gejala penyakit. Perawatan itu pun dikatakannya tak mudah karena harus bolak-balik terbang antara Perth dan Melbourne setiap dua minggu untuk mendapatkan obat yang langsung ditujukan ke otaknya.

Sebelum perawatan ini, dikatakan jika kondisi Jessica cukup parah bahkan tidak bisa menyusun kalimat dengan baik. "Aku tidak akan bisa bicara seperti sekarang. Sebelum menjalani percobaan, percakapanku sangat pendek, seperti 'ya, tidak, atau mungkin'" kata Jessica.

"Ketika aku pertama kali didiagnosa, aku sedang duduk di sofa memakan makan malam lalu aku pergi ke toilet dan aku lupa kembali lagi. Aku pikir kami belum makan malam," tutur Jessica.

Jessica Sheehan alami demensia sejak berumur 6 tahunJessica Sheehan alami demensia sejak berumur 6 tahun Foto: Facebook/Seven Network


Dulu ia pun mengaku harus menulis sejumlah hal yang ingin dilakukan untuk mengingatkan dirinya sendiri. Terkadang Jessica juga kesulitan membaca. "Aku bisa membaca halaman pertama dan lanjut ke halaman kedua tapi aku tidak akan ingat halaman pertama berisi tentang apa," tuturnya.

Meski punya masalah dengan ingatan, Jessica tidak hidup dalam keterbatasan. Ia tetap bisa menjalani keseharian bahkan kini mendapat pekerjaan sebagai agen real estate.

Simak Video "Fitria Manalu, Tetap Semangat di Tengah Keterbatasan"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/agm)