5 Kebiasaan Baik Saat Pagi untuk Menghindari Stres Sepanjang Hari

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 27 Agu 2019 05:20 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Stres karena padatnya aktivitas dan beragam masalah yang muncul di keseharian memang kadang sulit dihindari. Namun Anda bisa mencegahnya berkembang menjadi burnout hingga depresi dengan mengadopsi sejumlah kebiasaan baik. Seorang nutrisionis pun membagi kebiasaannya saat pagi yang dianggap bisa mengurangi kemungkinan timbulnya stres sepanjang hari. Berikut lima di antaranya.

1. Bersyukur
Bangun pagi menjadi kebiasaan banyak orang sukses, termasuk nutrisionis dan pakar holistis Jessica Sepel. Setelah bangun pada pukul 06:30, ia meneruskannya dengan melakukan serangkaian rutinitas baik, salah satunya bersyukur. Jessica mengaku menyempatkan waktu untuk memfokuskan diri lalu mengingat hal-hal baik yang terjadi padanya.

Momen tersebut juga dijadikan kesempatan untuk memvisualisasi rencana dan impian. "Aku juga memvisualisasi beberapa mimpi dan tujuanku. Aku sangat percaya pada kekuatan (pikiran) dan manifestasi," ungkapnya kepada Dailymail.

5 Kebiasaan Baik Saat Pagi untuk Menghindari Stres Sepanjang Hari Foto: iStock

2. Jangan Buka Media Sosial
Banyak orang langsung mencari handphone lalu membuka media sosial sesaat setelah bangun tidur. Kebiasaan ini mungkin tampak tak berbahaya namun bisa menunda aktivitas hingga menimbulkan stres. Karena itu, Jessica sangat menghindari kebiasaan yang dikatakan dapat meningkatkan kortisol yang bisa memicu rasa tertekan.

"Aturan ini mengubah hidupku. Aku sebenarnya selalu menyimpan ponselku di tempat lain di rumah dan menghapus aplikasi sosial malam sebelum aku memulai hari," kata Jessica.

3. Gerakan Badan
Satu hal lain yang bisa menghindarkan stres dan membuat pikiran serta tubuh lebih sehat adalah menggerakkan badan di pagi hari. Olahraga diketahui bisa jadi cara ampuh untuk melawan stres. Jika Anda tak sempat atau tak ingin berolahraga terlalu keras, paling tidak lakukan yoga atau berjalan selama 20 menit. Setelah itu, Jessica biasanya melakukan meditasi dan teknik pernapasan perut selama 10 menit.

5 Kebiasaan Baik Saat Pagi untuk Menghindari Stres Sepanjang Hari Foto: iStock
4. Sarapan Bernutrisi
Banyak orang mencari solusi praktis sarapan tapi kemudian melupakan sisi kesehatan. Jessica pun menyarankan untuk memulai hari dengan sarapan bernutrisi yang juga bisa menjadi bahan bakar energi.

5. Vitamin dan Suplemen
Selain sarapan bernutrisi, ia juga mengonsumsi suplemen kesehatan dan vitamin yang bisa menekan rasa stres, memberi energi, meningkatkan sistem imun, serta meningkatkan anti oksidan. Dengan menjalani rutinitas positif, hari pun akan berjalan lebih bahagia dan pikiran jadi lebih ringan.

Simak Video "Toni-Ann Singh, Pemenang Miss World 2019 dari Jamaica"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)